BIMBINGAN KARIR MELALUI KETRAMPILAN VOKASIONAL BATIK BAGI SISWA TUNAGRAHITA di SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI TAMANWINANGUN KEBUMEN

FajarSolechah, 1423101019 (2018) BIMBINGAN KARIR MELALUI KETRAMPILAN VOKASIONAL BATIK BAGI SISWA TUNAGRAHITA di SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI TAMANWINANGUN KEBUMEN. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (931kB) | Preview
[img] Text
FAJAR SOLECHAH_BIMBINGAN KARIR MELALUI KETERAMPILAN VOKASIONAL BATIK BAGI SISWA TUNAGRAHITA DI SL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Bimbingankarirdirumuskansebagai proses bantuanindividuuntukmembantusiswamengertidirimerekadandunianya. Tujuandari program bimbingankaririniadalahmembantuindividu agar dapatmengenaldanmemahamidirinya, mengenalduniakerjanya, danmengembangkanmasadepannya yang sesuaidenganbentukkehidupannya yang diharapkan. Program keterampilanvokasional (life skills) merupakan program untukmenggalipotensisekaligusmengembangkankemampuan yang dimilikipesertadidik, khususnyadalambidang non akademik, karenadenganmemilikiketerampilanvokasionalpesertadidikdiharapkanmemilikibekaluntukmencapaitarafhidup yang lebihbaik.Pemilihan batik dalampenelitianinisendiridikarenakan batik merupakankebudayaanasli Indonesia yang harusdikenalkankepadagenerasimudakhususnyapadasiswatunagrahita.AnakTunagrahitaataudisebutdenganistilahterbelakang mental karenaketerbatasankecerdasaannya yang mengakibatkandirinyasukaruntukmengikuti program pendidikandisekolahbiasa yang diselenggarakansecaraklasikal. Jenispenelitianiniadalahdeskriptifkualitatif yang bertujuanuntukmenggambarkanmetodebimbingankarirmelaluiketrampilanvokasional batik yang diberikan padasiswatunagrahita di SekolahLuarBiasaNegeriTamanwinangunKebumen. Pengumpulan data dilakukandenganmenggunakan data primer yang diperolehdariwawancaradenganinformandan data sekunderdariberbagaisumber yang mendukungpermasalahan yang diteliti.Data yang diperolehdianalisismenggunakananalisiskualitatifdimanatahapannyayaitu data ditranskip, dikelompokkan, dianalisissesuaipersoalan yang dibahas. Kesimpulandaripenelitianiniialah, SekolahLuarBiasaNegeriTamanwinangunKebumenmenerapkanmetodebimbingankarirmelaluiketrampilanvokasional batik kepadasiswatunagrahitamenggunakanmetodependekatankelompokdanmetodependekatan individual.Yang termasukmetodependekatankelompokialahAchievment motivation training, Behaviour modification techniques, Economic and cusumer education, Group guidance and counseling, dankurikuler.Sedangkanmetodedalampendekatan individual meliputiDecition making training, Placement,dankonselingkarir. Kata Kunci :BimbinganKarir, KetrampilanVokasional, SiswaTunagrahita.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: BimbinganKarir, KetrampilanVokasional, SiswaTunagrahita.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education > 370.19 Sociology of Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.9 Special Education (Difables)
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 14 Sep 2018 02:33
Last Modified: 14 Sep 2018 02:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4272

Actions (login required)

View Item View Item