FajarSolechah, 1423101019 (2018) BIMBINGAN KARIR MELALUI KETRAMPILAN VOKASIONAL BATIK BAGI SISWA TUNAGRAHITA di SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI TAMANWINANGUN KEBUMEN. Skripsi thesis, IAIN.
|
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (931kB) | Preview |
|
Text
FAJAR SOLECHAH_BIMBINGAN KARIR MELALUI KETERAMPILAN VOKASIONAL BATIK BAGI SISWA TUNAGRAHITA DI SL.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Bimbingankarirdirumuskansebagai proses bantuanindividuuntukmembantusiswamengertidirimerekadandunianya. Tujuandari program bimbingankaririniadalahmembantuindividu agar dapatmengenaldanmemahamidirinya, mengenalduniakerjanya, danmengembangkanmasadepannya yang sesuaidenganbentukkehidupannya yang diharapkan. Program keterampilanvokasional (life skills) merupakan program untukmenggalipotensisekaligusmengembangkankemampuan yang dimilikipesertadidik, khususnyadalambidang non akademik, karenadenganmemilikiketerampilanvokasionalpesertadidikdiharapkanmemilikibekaluntukmencapaitarafhidup yang lebihbaik.Pemilihan batik dalampenelitianinisendiridikarenakan batik merupakankebudayaanasli Indonesia yang harusdikenalkankepadagenerasimudakhususnyapadasiswatunagrahita.AnakTunagrahitaataudisebutdenganistilahterbelakang mental karenaketerbatasankecerdasaannya yang mengakibatkandirinyasukaruntukmengikuti program pendidikandisekolahbiasa yang diselenggarakansecaraklasikal. Jenispenelitianiniadalahdeskriptifkualitatif yang bertujuanuntukmenggambarkanmetodebimbingankarirmelaluiketrampilanvokasional batik yang diberikan padasiswatunagrahita di SekolahLuarBiasaNegeriTamanwinangunKebumen. Pengumpulan data dilakukandenganmenggunakan data primer yang diperolehdariwawancaradenganinformandan data sekunderdariberbagaisumber yang mendukungpermasalahan yang diteliti.Data yang diperolehdianalisismenggunakananalisiskualitatifdimanatahapannyayaitu data ditranskip, dikelompokkan, dianalisissesuaipersoalan yang dibahas. Kesimpulandaripenelitianiniialah, SekolahLuarBiasaNegeriTamanwinangunKebumenmenerapkanmetodebimbingankarirmelaluiketrampilanvokasional batik kepadasiswatunagrahitamenggunakanmetodependekatankelompokdanmetodependekatan individual.Yang termasukmetodependekatankelompokialahAchievment motivation training, Behaviour modification techniques, Economic and cusumer education, Group guidance and counseling, dankurikuler.Sedangkanmetodedalampendekatan individual meliputiDecition making training, Placement,dankonselingkarir. Kata Kunci :BimbinganKarir, KetrampilanVokasional, SiswaTunagrahita.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | BimbinganKarir, KetrampilanVokasional, SiswaTunagrahita. |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education > 370.19 Sociology of Education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.9 Special Education (Difables) |
Divisions: | Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam |
Depositing User: | ulfah rulli hastuti |
Date Deposited: | 14 Sep 2018 02:33 |
Last Modified: | 14 Sep 2018 02:33 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4272 |
Actions (login required)
View Item |