DESAIN PEMBELAJARAN PADA PROGRAM KELAS BILINGUAL DI MI MUHAMMADIYAH AJIBARANG KULON KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS TAHUN AJARAN 2017/208

RAHMAWATI, 1423305032 (2018) DESAIN PEMBELAJARAN PADA PROGRAM KELAS BILINGUAL DI MI MUHAMMADIYAH AJIBARANG KULON KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS TAHUN AJARAN 2017/208. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (660kB) | Preview
[img] Text
RAHMAWATI_DESAIN PEMBELAJARAN PADA PROGRAM KELAS BILINGUAL .pdf
Restricted to Registered users only

Download (860kB)

Abstract

Latarbelakangpenelitianiniadalahpembelajaran bilingual diterapkansebagaiwujudrespontuntutanpendidikan di era globalisaidenganmelahirkansumberdayamanusia yang berwawasan global, denganharapanpesertadidikmampubersaingdalamranahduniapendidikandenganbekalpengetahuandanpenguasaanbahasaInggrissebagaialatkomunikasiInternasional. Penelitianinibertujuanuntukmendiskripsikantentangbagaimanadesainpembelajaranpada program kelasbilingualyang meliputi: (1) Desaintujuanpembelajaranpada program kelasbilingual, (2) Desainmateripembelajaranpada program kelasbilingual, (3) Desainpengalamanbelajarpada program kelasbilingual, (4) Desainevaluasipembelajaranpada program kelasbilingualdi MI MuhammadiyahAjibarangKulonKecamatanAjibarangKabupatenBanyumas. Penelitianinimerupakanpenelitiankualitatifyaitujenispenelitian yang menghasilkan data deskriptif.Data diperolehmelaluiobservasi, wawancara, dandokumentasi.Adapunanalisis data dalampenelitianiniterdiridaritigatahap, antara lain: data reduction (reduksi data), data display (penyajian data),danverification (penarikankesimpulan). Hasilpenelitianmenunjukanbahwapembelajaranbilingualditerapkandalampembelajaranmatematikadansainsbilingual, yang dalam proses pembelajarannyamenggunakanduabahasayaitubahasaInggrisdanbahasa Indonesia.Pelaksanaanpembelajaranbilingualditerapkansecarabertahap, yaknimulaiditerapkantahunajaran 2017/2018 padajenjangkelassatu c yang kemudianakanditerapkanpadakelas-kelasjenjangberikutnya. Program kelasbilingualpadapembelajaranmatematikadansainstidakhanyaterfokuspadaupayamembekalipesertadidikdengankemampuanpenguasaankosa kata danilmupengetahuan,sertateknologisaja, tetapipesertadidikjugadiharapkanmampuberkomunikasidenganbaikdenganbahasa Indonesia maupunbahasaInggrissebagaialatkomunikasiInternasional. Pembelajaranbilingualditerapkandalampembelajaranmatematikadansainsdengantujuanmewujudkansumberdayamanusia yangberkualitasdanberwawasan global. Kata kunci: DesainPembelajaran, Program KelasBilingual.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: DesainPembelajaran, Program KelasBilingual.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 10 Sep 2018 06:53
Last Modified: 10 Sep 2018 06:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4249

Actions (login required)

View Item View Item