STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 1 PEKUNCEN KECAMATAN JATILAWANG KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013/2014

HENI INDRIYANI, 1123304041 (2018) STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 1 PEKUNCEN KECAMATAN JATILAWANG KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_DAFTAR ISI_BAB I-BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (587kB) | Preview
[img] Text
HENI INDRIYANI_STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PADA MATA PELAJAR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (899kB)

Abstract

Keberhasilandalampembelajarandidukungolehstrategi/metode yang digunakan.Penggunaanstrategidalamkegiatanbelajarmengajarsangat penting karenauntukmempermudahdalampembelajaransehinggadapatmencapaihasil yang optimal.Tanpastrategi yang jelas, pembelajarantidakakanterarahsehinggatujuanpembelajaran yang telahditetapkansulittercapaisecara optimal, dengan kata lain pembelajarantidakdapatberlangsungsecaraefektifdanefisien. Strategi pembelajaran juga sangat penting diterapkan untuk mengembangkan keaktifan siswa di kelas sehingga siswa dapat menguasai materi dengan baik. PAI adalah Sebutanuntuksubjekpelajaran yang harusdipelajariolehpesertadidik yang beragama Islam dalammenyelesaikanpendidikantingkattertentu.Seperti yang dilakukanoleh guru kelas V di SD Negeri 1 Pekuncen Kec.Jatilawang Kab.Banyumas dalampembelajaran PAI menerapkanbeberapastrategipembelajaranaktif. Penelitianiniadalahpenelitianlapangan (field research) yaitusuatupenelitian yang dilakukanolehpenelitiuntukmengamatisecaralangsungterhadapfenomena-fenomena yang terjadidalamlokasipenelitianberdasarkankenyataan yang ada.Penelitianlapanganinibersifatdeskriptifkualitatif, yaitumenggambarkankeadaanberdasarkanfakta yang sebenarnyamengenaipenerapan strategipembelajaranaktifmata pelajaran PAI di kelas VSD N 1 Pekuncen Kecamatan Jatilawang. Data-data yang diperoleh, dipilih mana yang sesuai(reduction data), data yang sesuai kemudian disajikan (display data) lalu memberikan kesimpulan (verification data). Kesimpulan dari hasilpenelitian yang dilakukanmenunjukkan bahwa dalampembelajaran PAI di kelas V guru menerapkanstrategipembelajaranquestion student have, index card match, card short dan Group Resume. Dapat disimpulkan bahwa penerapanstrategipembelajarantersebutmampumembuatsuasanabelajarlebihmenyenangkandansiswadilatihberfikirsecaraaktifdanbelajarlebihkritissertadapatmengurangikebosanandalam proses pembelajaran. Kata Kunci : strategipembelajaranaktif, mata pelajaran PAI

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategipembelajaranaktif, mata pelajaran PAI
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 10 Sep 2018 06:41
Last Modified: 10 Sep 2018 06:41
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4248

Actions (login required)

View Item View Item