REKONSTRUKSI MATERI PENDIDIKAN AKHLAK DI SEKOLAH PERSPEKTIF IBNU MISKAWAIH (320-421 H/ 930-1030 M )

Misbahudin (2018) REKONSTRUKSI MATERI PENDIDIKAN AKHLAK DI SEKOLAH PERSPEKTIF IBNU MISKAWAIH (320-421 H/ 930-1030 M ). Masters thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
FILE 2 BAB I ,BAB V DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 3 TESIS FULL.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sekolah menjadi salah satu tempat yang digunakan untuk transformasi ilmu pengetahuan. Salah satunya adalah pendidikan akhlak. Pendidikan Akhlak merupakan bagian penting dalam pendidikan Islam. Baik buruknya akhlak seseorang menjadi indikator berhasil atau tidaknya pendidikan Islam. Penelitian ini mengkaji tentang materi pendidikan akhlak di sekolah. Penulis menelaah berdsarkan pemikiran Ibnu Miskawaih (320-421 H/930-1030 M). Penelitian ini berusaha untuk mendeskripsikan dan menganalisis materi pendidikan akhlak di sekolah. Kemudian merekonstruksi materi pendidikan akhlak di sekolah tersebut menurut pemikiran Ibnu Miskawaih. Di akhir penelitian penulis memaparkan implikasinya terhadap pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian library research, yaitu penelitian yang data-datanya diperoleh dari studi pustaka atau literatur terkait, kemudian dianalitis secara teoritis-filosofis, disimpulkan dan diangkat relevansinya serta kontekstualisasinya. Penelitian ini mengkaji materi pendidikan akhlak di sekolah serta merekonstruksi menurut pandangan Ibnu Miskawaih. Ada pun hasil temuan penelitian ini bahwa materi pendidikan akhlak di sekolah terdapat banyak permasalahan, seperti isi materi, penyajian, pendekatan yang digunakan. Setiap materi yang disajikan di jenjang sekolah seharusnya memperhatikan tingkat perkembangan intelektual siswa. Dari hasil penelitian ini, lahir bangunan baru materi pendidikan akhlak menurut Ibnu miskawaih, antara lain; pertama, rekonstruksi materi pendidikan akhlak diterapkan pada pendidikan agama Islam. Dimana salah satu ruang lingkup materi pendidikan agama Islam adalah bidang aqidah akhlak. Kedua, rekonstruksi materi pendidikan akhlak diterapkan secara integratif dengan mata pelajaran lain. Dimana setiap mata pelajaran mengemban nilai akhlak tersendiri. Ketiga, materi pendidikan akhlak harus mampu menjadi motor penggerak perubahan kondisi sosial di masyarakat. Akhlak menjadi bagian pertama yang harus diperbaiki sebagai jalan untuk memperbaiki kondisi masyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Rekonstruksi, Materi Pendidikan Akhlak, Sekolah, Ibnu Miskawaih
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
600 Technology (Applied sciences) > 607 Education, research, related topics
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 10 Sep 2018 02:18
Last Modified: 10 Sep 2018 02:18
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4241

Actions (login required)

View Item View Item