Pengembangan Multiple Intelligences di Sekolah dasar Islam Terpadu (SDIT) Harapan Bunda Purwokerto

Rofik Andi Hidayah (2018) Pengembangan Multiple Intelligences di Sekolah dasar Islam Terpadu (SDIT) Harapan Bunda Purwokerto. Masters thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
ROFIK ANDA HIDAYAH_PENGEMBANGAN MULTIPLE INTELLIGENCES DI SE.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (706kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Howard Gardner dalam bukunya Multiple Intelligences menyatakan bahwa tidak ada anak yang bodoh. Semua anak itu cerdas, sesuai dengan bakat dan minatnya. Kecerdasan-kecerdasan itu antara lain: cerdas bahasa, cerdas logika-matematika, cerdas bermusik, cerdas bersosial, dan sebagainya. Untuk itu, sudah menjadi tanggung jawab bagi guru, orang tua dan masyarakat untuk terus meningkatkan dan mengembangkan kecerdasan anak. Dari sinilah, diperlukan upaya untuk mengembangkan kecerdasan anak yang beragam, sehingga kelak ia akan menemukan jati dirinya sebagai manusia yang menghargai setiap perbedaan kecerdasan dan potensi lainnya satu sama lain. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang pengembangan multiple intelligences di SDIT Harapan Bunda Purwokerto, yang dilaksanakan melalui kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang disajikan dalam bentuk deskriptif dengan tujuan untuk menggambarkan dan menganalisis suatu proses yang terjadi di lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan Model Miles and Huberman, yang terdiri dari: Reduksi Data (Data Reduction), Penyajian Data (Data Display) dan Verifikasi (Conclusion Drawing). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan multiple intelligences di SDIT Harapan Bunda Purwokerto dilaksanakan melalui kegiatan intrakurikuler berupa program pembelajaran sesuai kurikulum, dengan menggunakan metode pembelajaran yang bervariatif. Selain itu, pengembangan multiple intelligences juga dilaksanakan melalui kegiatan ekstrakurikuler sebagai wadah kegiatan yang mengembangkan bakat dan minat siswa. Adapun kejuaraan-kejuaraan perlombaan baik di bidang akademik maupun non-akademik yang diikuti oleh siswa SDIT Harapan Bunda Purwokerto membuktikan bahwa pemupukan dan pengembangan kecerdasan siswa yang beragam menghasilkan output di bidang kecerdasan masing-masing.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Elementary School
Divisions: Pascasarjana > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 07 Sep 2018 09:03
Last Modified: 07 Sep 2018 09:03
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4231

Actions (login required)

View Item View Item