IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS V MI NEGERI 2 BANYUMAS

FAJRIANI ULINNI’MAH, 1423305229 (2018) IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS V MI NEGERI 2 BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (754kB) | Preview
[img] Text
FAJRIANI ULINNI'MAH_IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISW.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penialain ini dilatar belakangi oleh pentingnya sebuah penilaian dalam kurikulum 2013. Penilaian merupakan proses memberikan atau menentukan nilai kepada objek tertentu berdasarkan suatu kriteria tertentu. Kurikulum merupakan alat yang digunakan sebagai acuan pendidikan. Seiring berjalannya waktu kurikulum terus mengalami perubahan, salah satu standar dengan proses pembelajaran pada pembelajaran tematik sesuai dengan tuntunan kurikulum 2013, dengan lebih menyeluruh yang meliputi aspek sikap, pengetahuan dan ketrampilan. Persoalan yang akan dikaji pada penelitian ini adalah bagaimana implementasi penilaian autentik kurikulum 2013 pada pembelajaran tematik siswa kelas V MI Negeri 2 Banyumas. Jenis penelitian ini adalah field reseach dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas V MI Negeri 2 banyumas dan kepala madrasah MI Negeri 2 banyumas. Sedangkan objek penelitian ini adalah pelaksanaan penilaian autentik kurikulum 2013 adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan miles dan huberman, yang terdiri dari : reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi penilaian autentik kurikulum 2013 dilakukan dengan proses pembelajaran tematik di kelas. Proses penilaian dilakukan setiap hari secara terus menerus. Proses yang dilakukan dalam pembelajaran tematik, mampu menunjukkan hasil belajar siswa secara nyata, dengan teknik dan instrumen yang bervariasi dapat menunjukkan aspek penilaian meliputi penguasaan materi, sikap dan ketrampilan sehingga mempermudah guru dalam menentukan langkah tindak lanjut yang tepat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penilaian Autentik Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Tematik
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3209 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 06 Sep 2018 08:53
Last Modified: 06 Sep 2018 08:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4228

Actions (login required)

View Item View Item