PEMBELAJARAN KEMAMPUAN MENULIS BAHASA ARAB DI MTs AL-MUKARROMAH KARANGJATI SAMPANG CILACAP

Faridatus Shalihah, 1223302015 (2016) PEMBELAJARAN KEMAMPUAN MENULIS BAHASA ARAB DI MTs AL-MUKARROMAH KARANGJATI SAMPANG CILACAP. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
FARIDATUS SHOLIKHAH_PEMBELAJARAN KEMAMPUAN MENULIS BAHASA ARAB DI MTs AL-MUKARROMAH KARANGJATI S.PDF
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari siswa kelas VII di MTs Al-Mukarromah Karangjati Sampang Cilacap yaitu kemampuan menulis dalam pembelajaran bahasa Arab dan siswa terlihat antusias dalam mengikuti pelajaran yang diberikan oleh guru baik latihan kemahiran membentuk huruf atau kemahiran mengungkapkan dengan tulisan. Rumusan maslah dalam penelitian ini yaitu: bagaimana pembelajaran kemampuan bahasa Arab di MTs Al-Mukarromah Karangjati Sampang Cilacap?. Jenis penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini peneliti turun langsung kelokasi penelitian untuk memperoleh informasi mengenai kemampuan menulis siswa dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas VII. Lokasi yang menjadi tempat penelitian ini adalah MTs Al-Mukarromah Karangjati Sampang Cilacap. Dengan subyek meliputi siswa kelas VII dan guru mata pelajaran bahasa Arab. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode bservasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa guru bahasa Arab di kelas VII melakukan kegiatan pembelajaran menulis secara bertahap di mulai dari mencontoh, reproduksi, menulis apa yang diucapkan guru (imlak), rekombinasi dan transformasi, dan membuat karangan yang dibimbing oleh guru dan memberikan latihan-latihan secara berulang-ulang agar siswa dapat memahami dan menguasai materi yang disampaikan, dengan guru mengkombinasikan beberapa metode pembelajaran seperti metode kaidah dan tarjamah, metode langsung, metode audio lingual, metode membaca, dan metode gabungan. Kata Kunci: Pembelajaran Kemampuan Menulis Bahasa Arab

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 400 Language > 410 Linguistics > 411 Writing systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 30 Jun 2016 07:37
Last Modified: 30 Jun 2016 07:37
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/422

Actions (login required)

View Item View Item