Pola Interaksi Edukatif Guru dengan Siswa Di Madrasah DiniyahTakmiliyahAwaliyahAl-Hidayah Dukuh KalikidangPandansariPaguyanganBrebes Robiyatul Mukarromah NIM: 1617661024

Robiyatul Mukarromah, 1617661024 (2018) Pola Interaksi Edukatif Guru dengan Siswa Di Madrasah DiniyahTakmiliyahAwaliyahAl-Hidayah Dukuh KalikidangPandansariPaguyanganBrebes Robiyatul Mukarromah NIM: 1617661024. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ROBIYATUL MUKARROMAH_POLA INTERAKSI EDUKATIF GURU DENGAN SISWA DI MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH AW.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan di Madrasah Diniyah memiliki peran yang cukup besar dalam membekali generasi muda dengan pendidikan agama, agar dapat menjadi generasi penerusyang religius dan berakhlak mulia. Mengingat baik dan buruknya generasi yang akan datang sangat ditentukan oleh pendidikan yang diterima oleh mereka saat ini. Dalam praktiknya, keberhasilan pendidikan sangat dipengaruhi oleh proses pelaksanaan pendidikan, untuk itu dibutuhkan pola interaksi edukatif yang baik dan tepat antara guru dan siswa sebagai sarana mencapai tujuan pendidikan yang ingin dicapai. Penelitian ini mengkaji pola interaksi edukatif yang diterapkan oleh guru dengan siswa di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Al-Hidayah Dukuh Kalikidang Pandansari Paguyangan Brebes. Penelitian ini berusaha untuk mendeskripsikan dan menganalisisapa yang menjaditujuan dari interkasi edukatif, prinsip dari interaksi edukatif, serta bentuk atau pola dari interaksi edukatif antara guru dengan siswa di Madrasah Diniyah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan(fieldresearch), yaitu penelitian yang dilakukan di lapangan dalam dunia nyata dengan metode kualitatif dengan mengambil latar Madrasah Diniyah Al-Hidayah. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi.Analisis data dilakukan dengan analisis sebelum lapangan, analisis dilapangan yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Ada pun hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa secara umum, tujuan dari pola interaksi edukatif di Madrasah Diniyah adalah untuk memenuhi kebutuhan pendidikan agama pada anak-anak. Sedangkan tujuan khususnya adalah untuk mendidik anak agar berprestasi secara akademik dan berakhlakul karimah. Sedangkan yang menjadi prinsip dari interaksi edukatif meliputi prinsip motifasi, berangkat dari persepsi yang dimiliki, berpusat pada perhatian dan fokus tertentu, keterpaduan, hubungan sosial, dan perbedaan individu yang harus dimiliki guru. Adapun pola yang diterapkan adalah pola interaksi dua arah antara guru kepada siswa dan siswa kepada guru. Dari sisi guru, di dalam kelas, guru berperan sebagai pembimbing, inspirator, korektor, motivator, serta pengelola kelas, dan peran guru di luar kelas yang berperan sebagai contoh atau mode dan teladan, pendidik, memiliki kepekaan sosial, serta pengerak potensi. Seorang guru juga harus memiliki sikap ikhlas, kekeluargaan, kemanusiaan (humanis), serta uswatunkhasaanah bagi para siswanya di dalam maupun di luar kelas, Sedangkan dari sisi siwa pola ketaatan dan kasih sayang kepada guru adalah pola interaksi edukatif di Madrasah DiniyahTakmiliyahAwaliyah Al-Hidayah. Kata kunci: Interaksi, Edukatif, Guru, Siswa, Madrasah Diniyah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Interaksi, Edukatif, Guru, Siswa, Madrasah Diniyah
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 04 Sep 2018 07:28
Last Modified: 04 Sep 2018 07:28
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4212

Actions (login required)

View Item View Item