STRATEGI PEMASARAN PEGADAIAN SYARIAH DALAM MEMPERTAHANKAN MARKET SHARE (Studi Pada Unit Pegadaian Syariah Ajibarang)

Lia Sukmawati, 1223203063 (2016) STRATEGI PEMASARAN PEGADAIAN SYARIAH DALAM MEMPERTAHANKAN MARKET SHARE (Studi Pada Unit Pegadaian Syariah Ajibarang). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (503kB) | Preview
[img] Text
LIA SUKMAWATI_STRATEGI PEMASARAN PEGADAIAN SYARIAH DALAM MEMPERTAHANKAN MARKET SHARE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kemunculan lembaga keuangan syariah khususnya Pegadaian Syariah sebagai organisasi yang relatif baru memiliki tantangan besar dalam usaha pengembangannya. Untuk itu, Unit Pegadaian Syariah Ajibarang (UPS) sebagai salah satu penyedia layanan gadai syaraih perlu memiliki strategi khusus untuk dapat mempengaruhi market share. Semakin meningkatnya persaingan mendorong UPS Ajibarang untuk dapat memperkuat strategi pemasaran yang digunakan agar dapat bertahan di dunia bisnis serta mempu mempertahankan serta mengembangkan market share. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang digunakan Pegadaian Syariah, serta mengetahui kelebihan dan kekurangan strategi pemasaran yang digunakan Pegadaian syariah khususnya UPS Ajibarang dalam mempertahankan market share. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (filed research), dengan jenis penelitian kualitatif dan metode analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan strategi pemasaran yang digunakan UPS Ajibarang dalam mempertahankan market share dengan menggunakan pemasaran strategis modern yang terdiri atas: Segmentsasi pasar, dengan membagi pasar dari segi daerah, usia dan pekerjaan; Targeting, dengan menerapkan strategi undifferentiated marketing dan diferentiated marketing; dan Positioning. Selain itu, UPS Ajibarang juga menerapkan strategi bauran pemasaran sebagai upaya mencapai kepuasan pelanggan, yaitu: Product (Produk), dengan menciptakan produk plus dengan penerapan salah satu syariah marketing value yaitu service sebagai strategi utama yang digunakan UPS Ajibarang berupa pelayanan prima dan pegawai professional, serta penerapan strategi pengembangan produk berupa: 1) Penentuan logo dan motto; 2) Menciptakan merek; dan 3) Menciptakan kemasan; Price (Harga), yaitu tujuan penetapan harga guna mendapat share pasar tertentu; Plice (Distribusi), lokasi yang strategis; Promotion, penerapan strategi promotion mix yaitu: Advertising, Personal Selling, dan Sales Promotion. Adapun keunggulan strategi pemasaran UPS Ajibarang antara lain: a) Produk; b) Place (distribusi); dan c) positioning. Sementara kelemahannya antara lain: a) Kelemahan dari segi kebijakan pemasaran; dan b) Kelemahan promosi. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Pegadaian Syariah dan Market Shar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 30 Jun 2016 07:28
Last Modified: 30 Jun 2016 07:28
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/421

Actions (login required)

View Item View Item