KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF NU 1 PAGERAJI CILONGOK BANYUMAS SKRIPSI

Wisnu Tri Retnosari, 1423305044 (2017) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF NU 1 PAGERAJI CILONGOK BANYUMAS SKRIPSI. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (748kB) | Preview
[img] Text
WISNU TRI RETNOSARI_KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF NU 1 PAGERAJI CILONGOK .pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara obyektif tentang kompetensi pedagogik guru Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif NU 1 Pageraji. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Metode observasi dalam penelitian ini menggunakan observasi langsung,metode ini penulis gunakan untuk menggali data dan informasi dari lapangan serta untuk mengetahui kegiatan pembelajaran di MI Ma’arif NU 1 Pageraji. Metode wawancara metode ini penulis gunakan untuk mendapatkan informasi dari informan lebih lanjut terkait kompetensi pedagogik guru atau kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran. Metode angket metode ini penulis gunakan untuk mencari hasil prosentase kompetensi pedagogik guru MI Ma’arif NU 1 Pageraji. Metode dokumentasi metode ini penulis gunakan untuk mendapatkan profil Madrasah. Temuan penelitian ini adalah kompetensi pedagogik guru yang menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil analisis data kualitatif, penelitian yang telah penulis lakukan, maka penulis mengambil kesimpulan bahwa guru berusaha membantu peserta didik semaksimal mungkin dalam proses pembelajaran. Guru MI Ma’arif NU 1 Pageraji dalam mengelola pembelajaran dari awal pembelajaran sampai akhir pembelajaran sudah cukup baik karena sebagian indikator penilaian telah terpenuhi. Berdasarkan hasil analisis kuantitatif, pada pengolahan angket kompetensi pedagogik guru dapat diketahui dengan nilai rata-rata 3,0 dan tingkat prosentase75,2% yang artinya cukup kompeten atau cukup baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Guru.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 04 Sep 2018 02:48
Last Modified: 04 Sep 2018 02:48
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4204

Actions (login required)

View Item View Item