PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA ASPEK MUFRADAT DI MINEGERI MODEL SLARANG KIDUL KEC. LEBAKSIU KAB. TEGAL

Firda Kostarika, 1223302018 (2016) PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA ASPEK MUFRADAT DI MINEGERI MODEL SLARANG KIDUL KEC. LEBAKSIU KAB. TEGAL. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKAA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
FIRDA KUSTARIKA_PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK PENGUASAAN MUFRADAT .PDF
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Proses belajar mngajar tidak bisa terlepas dari peran media didalamnya, sebab media pembelajaran merupakan suatu bagian integral dari proses pendidikan di sekolah. Kedudukan media pengajaran ada dalam komponen proses belajar mengajar sebagai salah satu upaya untuk mempertinggi interaksi guru-siswa dan interaksi siswa dengan lingkungannya. Skripsi ini mengkaji tentang penggunaan media gambar dalam pembelajaran bahasa Arab pada aspek mufradat di MIN Model Slarang Kidul Lebaksiu Tegal. Tujuan penggunaan media gambar dalam pembelajaran bahasa Arab pada aspek mufradat ini yaitu memudahkan siswa dalam belajar menghafal kosa kata atau mufradat secara efektif dan menyenangkan. Penelitian yang dilkukan di min Model Slarang Kidul bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan media gambar dalam pembelajaran bahasa Arab pada aspek mufradatdi MIN Model Slarang Kidul Lebaksiu Kabupaten Tegal. Jenispenelitianiniadalahpenelitianlapanganataufield researchdimanapenelititerjunlangsungkelapanganuntukmemperolehdata daninformasiterkaitdenganpenelitian yang dilakukan.Penelitianinidisajikandalambentukdeskriptifdengantujuanuntukmenggambarkansuatu proses yang terjadi di lapangan. Sedangkanpendekatan yang dilakukanadalahpendekatankualitatif.Teknikpengumpulan data yang digunakan: observasi, wawancara, dandokumentasi. Sedangkanteknikanalisisdatanyamenggunakan Model Miles and Huberman, yang terdiridari: Reduksi Data (Data Reduction), Penyajian Data (Data Display) danVerifikasi(Conclusion Drawing). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan penggunaan media gambar dalam pembelajaran bahasa Arab di MIN Model Slarang kidul sangat efektif untuk memudahkan hafalan dan penguasaan kosa kata bahasa Arab. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan adanya evaluasi yang diberikan kepada siswa setelah menerima pelajaran yang sudah disampaikan. Evaluasi tersebut berupa setoran hafalan dan memberikan pertanyaan satu persatu kepada siswa tentang mufradat melalui gambar. Kata Kunci: Media Gambar, Pembelajaran Bahasa Arab, Aspek Mufradat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 30 Jun 2016 07:02
Last Modified: 30 Jun 2016 07:02
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/419

Actions (login required)

View Item View Item