IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V MI YA BAKII WELAHAN WETAN KECAMATAN ADIPALA KABUPATEN CILACAP

FATCHATUL MUMTAHANAH, NIM. 1123305087 (2018) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V MI YA BAKII WELAHAN WETAN KECAMATAN ADIPALA KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
cover-bab i-bab v-daftar pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
FATCHATUL MUMTAHANAH_IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT .pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran student teams achievement division (STAD) merupakan salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang menekankan interaksi diantara siswa untuk saling memotivasi dan saling membantu dalam menguasai materi dan mencapai prestasi secara maksimal.dalam pelaksanaanya pembelajaran ini dilakukan melalui beberapa tahapan, diantaranya yaitu: tahap penyajian materi, tahap kegiatan kelompok, tahap tes individu, tahap perhitungan skor, dan yang terakhir tahap pemberian penghargaan kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis implementasi strategi pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (STAD) siwa kelas V MI Ya BAKII Welahan Wetan. Penelitian yang dilakukan ini termasuk jenis penelitian lapangan atau field research dengan penelitian yang berjenis deskriptif kualitatif, yaitu suatu penelitian yang dilakukan untuk mengumpuklan informasi mengenai suatu gejala yang ada, yakni keadaan menurut apa adanya pada saat penelitian itu dilakukan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah data reduction ( reduksi data), data display ( penyajian data), conclution drawing atau verification. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi strategi pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (STAD) pada pelajaran Matematika kelas V di MI Ya BAKII Welahan Wetan telah dilaksanakan mulai dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Adpun langkah-langkah pembelajaran tipe student team achievement division (STAD) adalah: tahap penyajian materi, tahap kegiatan kelompok, tahap tes individu, tahap perhitungan skor, dan tahap pemberian penghargaan, dan dari penelitian tersebut menunjukan adanya perkembangan skor pada masing-masing individu. Dengan demikian MI Ya BAKII Welahan Wetan dapat dikatan berhasildalam menerapkan strategi pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (STAD).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi kooperatif tipe student team achievement division (STAD), pembelajaran Matematika, kelas V
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 07 Sep 2018 00:28
Last Modified: 07 Sep 2018 00:28
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4170

Actions (login required)

View Item View Item