STUDI KOMPARATIF PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB ANTARA SISWA ALUMNI SD DAN MI KELAS VII DI MTS MA‘ARIF NU 1 AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS

UMRI HANIFAH SALIM, NIM.1423302087 (2018) STUDI KOMPARATIF PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB ANTARA SISWA ALUMNI SD DAN MI KELAS VII DI MTS MA‘ARIF NU 1 AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BABI_BABV_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Umri Hanifah Salim_STUDI KOMPARATIF PRESTASI BELAJAR BAHASA .pdf

Download (924kB) | Preview

Abstract

Bahasa Arab mempunyai keistimewaan dibanding bahasa lainnya, karena bahasa Arab merupakan bahasa al-Qur‘an yaitu kitab suci yang menjadi pedoman bagi umat Islam. Bahasa Arab merupakan alat yang digunakan oleh orang Arab untuk berkomunikasi. Dalam fase perkembangannya, bahasa Arab telah menjadi bahasa resmi Internasional sehingga tidak hanya orang Arab saja yang menggunakan atau mempelajari bahasa Arab akan tetapi orang Indonesia juga wajib mempelajari bahasa Arab. Mengingat pentingnya bahasa Arab, di Indonesia pelajaran bahasa Arab sudah menjadi pelajaran wajib dipelajari bagi sekolah yang berada di bawah naungan Departeman Agama. Maka dalam pembelajaran bahasa Arab perlu mendapatkan perhatian khusus agar prestasi belajar siswa menjadi lebih baik dan siswa mampu bersaing di dunia Internasional. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan prestasi belajar bahasa Arab anatara siswa alumni SD dan MI di MTs Ma‘arif NU 1 Ajibarang. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan yaitu menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data menggunakan rumus uji-t. Dalam penelitian ini yang dijadikan populasi sebanyak 60 siswa yang masing-masing 30 siswa dari SD dan 30 siswa dari MI. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahawa prestasi belajar siswa alumni MI lebih unggul dari siswa alumni SD. Upaya untuk mengetahui hal tersebut dilakukannya dengan uji-t menggunakan software SPSS dan uji-t secara manual. Berdasarkan hasil uji normalitas menggunakan software SPSS diperoleh nilai t0 =3.422 dan nilai tt dalam taraf signifikansi 5% (2.00) dan 1% (2.65). Sedang jika dihitung secara manual diperoleh nilai t hitung sebesar 3.417 menggunakan taraf signifkansi 5% dan 1% sama-sama menghasilkan bahwa t hitung lebih besar dari t tabel. Artinya terdapat perbedaan diantara keduanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: perbedaan prestasi belajar, mata pelajaran bahasa Arab
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3208 Peserta Didik
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.8 Students
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Other Studies for Elementary Education
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 06 Sep 2018 00:31
Last Modified: 06 Sep 2018 00:31
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4161

Actions (login required)

View Item View Item