STUDI KOMPARASI PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA YANG TINGGAL DI ASRAMA DAN DI LUAR ASRAMA SMP BOARDING SCHOOL PUTRA HARAPAN PURWOKERTO TAHUN PELAJARAN 2017/2018

LAILA NAVILAH HASANAH, NIM. 1423302061 (2018) STUDI KOMPARASI PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA YANG TINGGAL DI ASRAMA DAN DI LUAR ASRAMA SMP BOARDING SCHOOL PUTRA HARAPAN PURWOKERTO TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTR PUSTAKA.pdf

Download (555kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAILA NAVILAH HASANAH_STUDI KOMPARASI PRESTASI BELAJAR BAHAS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bersifat komparasi yang membandingkan antara dua konsep yaitu siswa yang tinggal di asrama dan di luar asrama. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan perbedaan/ persamaan prestasi belajar Bahasa Arab siswa yang tinggal di asrama dan di luar asrama SMP Boarding School Putra Harapan Purwokerto Tahun pelajaran 2017/2018. Dalam penelitian ini difokuskan pada lingkungan tempat tinggal siswa, pada siswa yang tinggal di asrama dan di luar asrama SMP Boarding School Putra Harapan Purwokerto. Sedangkan rumusan masalah yang diajukan yaitu Adakah perbedaan prestasi belajar Bahasa Arab siswa yang tinggal di Asrama dan di Luar Asrama SMP Boarding School Putra Harapan Purwokerto Tahun pelajaran 2017/2018?” Adapun jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan menggunakan sampel jenuh berjumlah 47 responden. Sedangkan metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, obsevasi dan wawancara. Dan analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menentukan kategorisasi hasil belajar dengan membandingkan jumlah rata-rata (Mean) dari masing-masing responden, baik pada tingkat prestasi belajar maupun pada nilai hasil ketrampilan bahasa Arab. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Tidak terdapat perbedaan prestasi belajar Bahasa Arab siswa yang tinggal di asrama dan di luar asrama di SMP Boarding School Putra Harapan Purwokerto Tahun pelajaran 2017/2018. Di peroleh dengan melihat rata-rata skor prestasi belajar bahasa Arab siswa yang tinggal di Asrama dan di luar Asrama masuk pada kategori “Cukup” dengan rata-rata skor siswa di Asrama adalah sebesar 87 dan siswa luar Asrama sebesar 85. Sedangkan pada nilai ketrampilan menyimak, siswa yang tinggal di Asrama dan di luar Asrama berada pada kategori baik (M=90,52) dan kategori cukup (88,08). Pada ketrampilan berbicara, siswa yang tinggal di Asrama dan di luar Asrama berada pada kategori cukup (M= 85,43) dan kategori kurang (M= 80,54). Pada ketrampilan membaca, siswa yang tinggal di asrama dan di luar Asrama sama-sama berada pada kategori cukup (M= 88,08) dan (M= 87,20). Pada ketrampilan menulis, ketrampilan ini memiliki nilai terendah dibandingkan ketrampilan lain, siswa yang tinggal di asrama dan luar asrama berada pada kategori kurang (M= 81,56) dan kategori sangat kurang (M= 78,29).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Bahasa Arab, Asrama.
Subjects: 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 05 Sep 2018 00:25
Last Modified: 05 Sep 2018 00:25
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4160

Actions (login required)

View Item View Item