PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS

DWI AGUS RIFA’I, NIM : 1423301312 (2018) PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
skripsi full rifai.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
skripsi RIFAI JUDUL, BAB 1, BAB 5, DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (966kB)

Abstract

Pendidikan menjadi hal penting dan juga pokok dalam membentuk kepribadian yang baik untuk menuju masa yang akan datang. Namun pada kenyataannya menunjukan, bahwa sebagian perilaku remaja pada saat ini jauh dari norma agama. Hal ini di buktikan dengan banyaknya berita yang menyajikan kasus kenakalan remaja. Seperti tawuran antar pelajar, pergaulan bebas, dan juga penggunaan narkoba. SMK Negeri 1 Purwokerto Kabupaten Banyumas merupakan lembaga pendidikan formal, dimana menciptakan lulusan yang siap terjun dalam dunia kerja, namun lembaga tersebut juga membekali siswanya agar mempunyai pribadi yang religius, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan apa saja kegiatan, metode dan faktor penghambat serta pendukung proses penanaman nilai-nilai pendidikan Islam yang dilakukan oleh pihak sekolah. Berdasarkan tempatnya, jenis penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat studi kasus dimana penelitian ini meneliti suatu program, aktifitas dan proses. Data-data yang dikumpulkan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Perolehan data yang digunakan dalam skripsi ini diperoleh dari sumber data yaitu Kepala Sekolah, guru Pendidikan Agama Islam, guru Bimbingan Konseling dan juga peserta didik, adapun objek kegiatan yang menjadi fokus penelitian adalah kegiatan penanaman nilai-nilai pendidikan Islam yang disediakan oleh pihak sekolah dalam membentuk akhlak yang baik. Kemudian metode analisis data yaitu dengan mereduksi data, penyajian data, verifikasi atau penyimpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penanaman nilai-nilai pendidikan Islam pada peserta didik dilakukan dengan cara membentuk akhlak yang baik dan kedisiplinan dalam bentuk kegiatan pembiasaan. Seperti siswa diwajibkan datang kesekolah pada pukul 07.00, dan sebelum proses pembelajaran terdapat kegiatan dimana siswa dan guru ikut andil dalam kegiatan tersebut, seperti pada saat hari selasa siswa diwajibkan membaca buku (bebas), pada hari rabu tadarus Al-Qur’an dimana dalam kegiatannya guru Pendidikan Agama Islam (PAI) membaca secara langsung dari ruang guru, dan pada saat hari kamis ada kegiatan setoran juz 30 kepada guru PAI, siswa juga diwajibkan shalat berjamaah pada waktu Dzuhur dan Asar, adanya infak yang dilakukan oleh siswa dan guru pada setiap hari jumat dan infak tersebut digunakan untuk keperluan masjid sekolah. Kemudian dalam metode penanaman nilai-nilai pendidikan Islam pihak sekolah menggunakan metode keteladanan, metode pembiasaan, metode ceramah, metode hadiah dan hukuman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penamanan, Nilai-Nilai dan Pendidikan Islam
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 374 Adult education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 28 Aug 2018 00:00
Last Modified: 28 Aug 2018 00:00
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4143

Actions (login required)

View Item View Item