PENGGUNAAN METODE QUANTUM TEACHING PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VI DI MI AL-ISLAM KARANGJATI SUSUKAN BANJARNEGARA

LATIFAH GITA NUR AFRISA, NIM. 1423305111 (2018) PENGGUNAAN METODE QUANTUM TEACHING PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VI DI MI AL-ISLAM KARANGJATI SUSUKAN BANJARNEGARA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (735kB) | Preview
[img] Text
LATIFAK GITA NUR AFRISA_PENGGUNAAN METODE QUANTUM TEACHING P.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Belajar masih dianggap sesuatu yang membosankan di MI Al-Islam Karangjati Susukan Banjarnegara. Padahal, siswa-siswi kelas VI tidak lama lagi akan mengikuti ujian nasional. Hal ini menjadi masalah mengingat pembelajaran diperlukan untuk membantu siswa memperoleh nilai bagus untuk kelulusannya. Mata pelajaran Bahasa Indonesia dianggap sebagai mata pelajaran UN yang sulit, karena memerlukan tingkat pemahaman dan ketelitian tinggi. Oleh karena itu, diperlukan metode pembelajaran yang tepat agar siswa memperoleh pembelajaran yang menyenangkan dan nilai yang tinggi. Metode yang coba diterapkan pada kelas VI ini adalah metode Quantum Teaching. Penggunaan metode Quantum Teaching pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas VI di MI Al-Islam Karangjati Susukan Banjarnegara bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis penggunaan metode quantum teaching pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Al-Islam Karangjati Susukan Banjarnegara. Maka persoalan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan metode Quantum Teaching pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas VI di MI Al-Islam Karangjati Susukan Banjarnegara?. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dan termasuk dalam penelitian yang bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik analisa data deskriptif kualitatif model Miles dan Huberman. Di dalam analisis data kualitatif terdapat berbagai kegiatan, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa langkah-langkah penggunaan metode Quantum Teaching pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas VI di MI Al-Islam Karangjati Susukan Banjarnegara antara lain ada perencanaan pembelajaran dengan metode Quantum Teaching, pelaksanaan pembelajaran dengan metode Quantum Teaching, evaluasi pembelajaran dengan metode Quantum Teaching. Penggunaan metode Quantum Teaching pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas VI di MI Al-Islam Karangjati pada kompetensi dasar mengidentifikasi berbagai unsur (tokoh, sifat, latar, tema, jalan cerita, dan amanat) dari teks drama anak dan kompetensi dasar menyusun naskah pidato/sambutan (perpisahan, ulang tahun, perayaan sekolah, dll) dengan bahasa yang baik dan benar serta memperhatikan ejaan meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup, yang masing-masing mengandung kerangka rancangan pembelajaran yang dikenal dengan istilah TANDUR (Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ualngi, Rayakan).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Quantum Teaching, Pembelajaran Bahasa Indonesia
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 20 Aug 2018 00:33
Last Modified: 20 Aug 2018 00:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4132

Actions (login required)

View Item View Item