KETERAMPILAN PENGELOLAAN KELAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 1 KEMRANJEN BANYUMAS

PUJI LESTARI, NIM. 1423301154 (2018) KETERAMPILAN PENGELOLAAN KELAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 1 KEMRANJEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB 1_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
PUJI LESTARI_KETERAMPILAN PENGELOLAAN KELAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pengelolaan kelas merupakan aspek pendidikan yang sering dijadikan perhatian utama oleh para calon guru, baik guru baru maupun guru yang telah berpengalaman berkeinginan agar para peserta didik dapat belajar dengan optimal dalam arti guru mampu menyampaikan bahan pelajaran agar dapat diserap peserta didik dengan baik. Kegagalan seorang guru mencapai tujuan pembelajarana berbanding lurus dengan ketidakmampian guru mengelola kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keterampilan pengelolaan kelas Guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Kemranjen, yang meliputi penciptaan dan pemeliharaan kondisi belajar yang optimal dan pengembalian kondisi belajar yang optimal. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yaitu pengumpulan data yang dilakukan secara langsung dilokasi penelitian. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah keterampilan pengelolaan kelas guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Kemranjen .Sedangkan subyek penelitiannya adalah guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Kemranjen yaitu bapak Achyadi, S.Ag. dan siswa kelas VII C, dan VIII C. Untuk memperoleh informasi dan data-data dalam penelitian, penulis menggunakan beberapa metode yaitu metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisa data yang diperoleh dari hasil penelitian, penulis menggunakan teknik analisis data yang terdiri dari tiga alur kegiatan meliputi: reduksi data, penyajian data, dan conclusion drowing atau menarik kesimpulan. Disimpulkan bahwa keterampilan pengelolaan kelas yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Kemranjen memiliki keterampilan pengelolaan kelas yang baik, dapat dilihat dari cara guru menciptakan dan memelihara dan juga pengembalian kondisi belajar yang optimal di sertai dengan beberapa indikator pada 2 komponen tersebut. Dan beberapa hal untuk meningkatkan motivasi belajar pada siswa dengan cara : pengaturan tempat duduk, memberikan penghargaan dan pujian, memberikan nilai, mengadakan permainan dan menggunakan simulasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan pengelolaan kelas, Guru Pendidikan Agama Islam, Motivasi Belajar
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.102 Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 20 Aug 2018 00:35
Last Modified: 20 Aug 2018 00:35
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4130

Actions (login required)

View Item View Item