MANAJEMEN PEMBINAAN PERILAKU BUDAYA RELIGIUS DI MTs AL-HIDAYAH KARANGSUCI PURWOKERTO

INSIROTUL MUNAWAROH, NIM. 1423303015 (2018) MANAJEMEN PEMBINAAN PERILAKU BUDAYA RELIGIUS DI MTs AL-HIDAYAH KARANGSUCI PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text
INSIROTUL MUNAWAROH_MANAJEMEN PEMBINAAN PERILAKU BUDAYA RELI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan di Indonesia selama ini lebih mementingkan proses peningkatan kemampuan akal, jasmani, dan ketrampilan. Peningkatan kualitas kalbu, ruhani, dan akhlak kurang diperhatikan, sehingga kerusakan akhlak anak didik tidak dapat dihindari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen pembinaan perilaku budaya religius di MTs Al Hidayah Karangsuci Purwokerto yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, serta pengawasan dalam upaya membina perilaku budaya religius siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, lokasi penelitian dilakukan di MTs Al Hidayah Karangsuci Purwokerto. Subyek penelitian meliputi kepala madrasah, guru, ketua OSIS dan siswa. Obyek penelitian ini adalah manajemen pembinaan perilaku budaya religius. Adapun teknik pengambilan data yang penulis gunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa manajemen pembinaan perilaku budaya religius di MTs Al Hidayah Karangsuci Purwokerto meliputi proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, penggerakan, dan pengawasan. Proses perencanaan meliputi menentukan tujuan kegiatan pembinaan, pemilihan program, menentukan guru pembina, menentukan waktu pelaksanaan, cara mengidentifikasi kemampuan siswa untuk ekstrakurikuler BTA, dan menentukan kelompok siswa ekstrakurikuler BTA. Pengorganisasian pembinaan perilaku budaya religius melibatkan seluruh warga sekolah, mulai dari kepala madrasah, koordinator kegiatan religius, guru agama, wali kelas, OSIS dan siswa. Pelaksanaan dilaksanakan sesuai dengan jadwal kegiatan yang sudah direncanakan, meskipun masih ada kendala pada siswa yang kurang semangat dan bersungguh-sungguh dalam melakukan kegiatan pembinaan. Penggerakan dilakukan oleh guru dan kepala madrasah dengan memberikan motivasi dan stimulus setiap hari untuk selalu bersemangat dalam berperilaku religius kepada siswa supaya semangat dalam melaksanakan kegiatan, selain itu kepala madrasah juga memberikan motivasi dan stimulus kepada para guru pembina supaya mereka mampu membina para peserta didiknya dengan baik. Kemudian dalam pengawasan kepala madrasah selalu memonitoring semua kegiatan yang dilaksanakan di madrasah. Pengawasan yang dilakukan guru yaitu dengan mengamati perilaku siswa ketika melaksanakan kegiatan religius, ketika proses pembelajaran di kelas dan ketika siswa di luar kelas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Pembinaan Perilaku Budaya Religius
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 17 Sep 2018 00:11
Last Modified: 17 Sep 2018 00:11
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4125

Actions (login required)

View Item View Item