PENGARUH PROMOTION DAN BRAND POSITIONING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA BEAT (Studi Kasus Pada Mahasiswa IAIN Purwokerto)

WAWAN SETIAWAN, NIM. 1423203035 (2018) PENGARUH PROMOTION DAN BRAND POSITIONING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA BEAT (Studi Kasus Pada Mahasiswa IAIN Purwokerto). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
WAWAN SETIAWAN_PENGARUH PROMOTION DAN BRAND POSITIONING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA BEAT (Studi Kasu~1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Keputusan pembelian adalah tahap dalam proses pengambilan keputusan pembelian dimana konsumen benar-benar akan membeli. Menurut Nurhadi promosi merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan pemasaran. Suatu merek akan diminati ketika merek tersebut sesuai dengan keinginan konsumen, dalam aspek pemasaran disebut brand positioning (pemosisian merek). Penting karena inti strategi sesungguhnya adalah pengambilan posisi (positioning) agar menghasilkan posisi yang unik dan bernilai bagi pelanggan. Merek motor yang paling diminati yaitu Honda Beat sebagai motor terlaris di Indonesia pada tahun 2017 dengan total penjualan 1.855.349 unit. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah promotion dan brand positioning berpengaruh secara parsial atau simultan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda Beat pada Mahasiswa IAIN Purwokerto. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan kuesioner. Sampel sebanyak 92 Mahasiswa IAIN Purwokerto pengguna sepeda motor Honda Beat yang diambil secara stratified random sampling. Metode analisis data dengan metode Analisis Regresi Linier Berganda, Uji Koefisien Determinasi (R2 ), serta pengujian hipotesis yakni Uji t dan Uji F. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) ada pengaruh secara parsial variabel promotion terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda Beat pada Mahasiswa IAIN Purwokerto yang dibuktikan dengan nilai thitung (3,018) > ttabel (1,987) dan koefisien regresi sebesar 0,184. (2) ada pengaruh secara parsial variabel brand positioning terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda Beat pada Mahasiswa IAIN Purwokerto yang dibuktikan dengan nilai thitung (3,795) > ttabel (1,987) dan koefisien regresi sebesar 0,511. (3) ada pengaruh secara simultan variabel promotion dan brand positioning terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda Beat pada Mahasiswa IAIN Purwokerto yang dibuktikan dengan nilai Fhitung (24,512) > Ftabel (3,099).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Promotion, Brand positioning, Keputusan Pembelian
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 659 Advertising and public relations
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 14 Aug 2018 00:18
Last Modified: 14 Aug 2018 00:18
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4115

Actions (login required)

View Item View Item