PEMBELAJARAN HAFALAN HADITS DENGAN METODE TALAQQI DI MTs PP AL-FATAH MAOS CILACAP

ISTIQOMAH, NIM. 1423301324 (2018) PEMBELAJARAN HAFALAN HADITS DENGAN METODE TALAQQI DI MTs PP AL-FATAH MAOS CILACAP. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
JUDUL,BAB 1 BAB 5, DAFTAR PUSTAKA 22.pdf

Download (757kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULLL ISTIQOMAH 22.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Sangat penting untuk menghafal hadis karena hadis adalah sumber kedua dalam Islam setelah Al-Qur’an. Oleh karena itu, wajib bagi kita untuk memeliharanya dengan menerapkan metode pembelajaran hafalan hadis. Berkaitan dengan pembelajaran hafalan hadis MTs PP Al-Fatah Maos Cilacap mempunyai target dalam menghafal hadis yaitu 72 hadis dalam satu tahun, namum kemampuan santri dalam menghafal hadis yang berbeda-beda maka dari itu diperlukan metode dalam menghafal hadis dan dalam memahami isi kandungan hadis. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pembelajaran hafalan hadis dengan metode Talaqqi di MTs PP Al-Fatah Maos Cilacap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran hafalan hadis dengan metode Talaqqi di MTs PP Al-Fatah Maos Cilacap. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang merupakan jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini menggambarkan keadaan yang sebenarnya dalam proses pembelajaran hafalan hadis dengan metode Talaqqi di MTs PP Al-Fatah Maos Cilacap. Adapun metode pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran hafalan hadis dengan metode Talaqqi di MTs PP Al-Fatah Maos Cilacap dilakukan dengan (1) persiapan yang dilakukan ustadz seperti mencari penjelaskan isi kandungan hadis sebelum dijelaskan kepada santri. (2) pelaksanaan yang dilakukan 3 langkah yaitu: pertama ustad menjelaskan isi kandungan hadis, kedua dalam proses menghafal ustadz akan membimbing hafalan dan dilanjutkan menghafal diasrama, kemudian yang ketiga yaitu setoran setiap waktu menyetoran hadis santri akan mengulang tiga hadis yang terdiri dari dua hadis yang lalu dan satu hadis yang baru yang akan disetorkan.Penyetoran hadis dilakukan dengan membaca seluruh hadis mulai sanad, matan dan rowinya dilanjutkan membaca potongan hadis beserta terjemahanya. Dalam satu minggu akan membahas 2 hadis dan akan disetorkan di minggu depanya. (3) kegiatan evaluasi yang dilakukan adalah evaluasi per semester yang digunakan sebagai syarat kenaikan kelas dan kelulusan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Hafalan Hadis, Metode Talaqqi
Subjects: 2x2 Hadits dan Ilmu Yang Berkaitan > 2x2.1 Ilmu Hadits (Termasuk Mustalah Hadits)
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 10 Aug 2018 00:10
Last Modified: 10 Aug 2018 00:10
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4113

Actions (login required)

View Item View Item