NILAI-NILAI PENDIDIKAN PROFETIK DALAM NOVEL BIDADARI BERMATA BENING DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN PAI

MILA TRISNI RAHAYANI, NIM. 1423301188 (2018) NILAI-NILAI PENDIDIKAN PROFETIK DALAM NOVEL BIDADARI BERMATA BENING DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN PAI. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (857kB) | Preview
[img] Text
MILA TRISNI RAHAYANI_NILAI-NILAI PROFETIK DALAM NOVEL BIDADA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan merupakan proses perubahan pengetahuan menuju ke arah perbaikan agar tidak terjerumus pada tindakan yang bersifat amoral. Perlunya keteladanan untuk melakukan studi terhadap sosok manusia paripurna, nabi Muhammad SAW. Sebagai komponen utama khairu ummah dalam pendidikan profetik. Suatu pendidikan yang berkiblat pada sifat-sifat nabi dan menjadikan Al Qur’an dan akhlak nabi sebagai rujukan utama. Pendidikan melalui karya sastra merupakan media yang bisa digunakan oleh pendidik profetik untuk menyampaikan pesan. Sastra khususnya novel selalu bersinggungan dengan pengalaman manusia yang lebih luas peristiwa alur yang diceritakan dalam novel memuat berbagai konflik sekaligus dengan penyelesainnya. Terdapat nilai-nilai luhur yang terkemas dalam bahasa yang indah sehingga dapat dipahami dalam diri pembaca. Persoalan utama yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah, apa saja nilai-nilai pendidikan profetik dalam novel Bidadari Bermata Bening karya Habiburrahman El Shirazy dan implementasi nilai-nilai pendidikan profetik dalam pembelajaran PAI. Penelitian ini termasuk penelitian pustaka (library research). Data diperoleh dari tulisan-tulisan yang berbicara tentang pendidikan profetik dalam sastra. Selanjutnya dianalisis menggunakan pendekatan content analysis. Hasil penelitian ini mengungkapkan adanya nilai-nilai pendidikan profetik dalam novel Bidadari Bermata Bening karya Habiburrahman El Shirazy yang mengerucut menjadi tiga dimensi. Pertama, Transendensi; (a) pengakuan terhadap kekuatan dan kuasa Allah dengan keyakinan yang utuh bahwa segala gerak dan tindakan bermuara dari-Nya, (b) berusaha untuk memperoleh kebaikan tempat bergantung, (c) mengaitkan perilaku tindakan dan kejadian dengan ajaran kitab suci, (d) melakukan sesuatu disertai harapan untuk kebahagiaan di akhirat, (e) menerima masalah hidup dengan rasa tulus. Kedua, Humanisasi; (a) sikap peduli terhadap sesama manusia, (b) penolakan terhadap perbuatan aniaya, (c) membuang jauh sifa kebencian terhadap sesama. Ketiga, Liberasi; (a) penolakan terhadap korupsi, (b) pemberantasan terhadap penipuan, (c) pembebasan dari kebodohan. Implementasi nilai-nilai pendidikan profetik dalam pembelajaran PAI yakni berupa (a) beriman kepada kitab-kitab suci Allah, (b) semangat menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada sesama, (c) menghndarkan diri dari pergaulan bebas dan perbuatan zina.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pendidikan profetik, novel Bidadari Bermata Bening, dan khairu ummah
Subjects: 800 Literature and rhetoric > 810 Kesusatraan Indonesia > 813 Fiction
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 10 Aug 2018 00:06
Last Modified: 10 Aug 2018 00:06
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4102

Actions (login required)

View Item View Item