LAELI ZAKIATUL FITRIAH, NIM. 1423301096 (2018) KREATIVITAS GURU DALAM MENGEMBANGKAN SUMBER BELAJAR DI TPQ (TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN) DARUL ABROR WATUMAS PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
COVER_ABTSRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (811kB) | Preview |
|
Text
LAELI ZAKIATUL FITRIAH_KREATIVITAS USSTADZ.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Sumber belajar adalah segala sesuatu (benda, data, fakta, ide, orang, dan lain sebagainya) yang bisa menimbulkan proses belajar Sehingga sumber belajar yang digunakan guru TPQ yang sudah ada guru dapat menampilkan sumber belajar yang lebih menarik. Kreativitas guru hendaknya menjadi hal yang sudah diwajibkan untuk digunakan guru dalam pembelajaran agar proses belajar siswa tidak membosankan, dengan guru menggunakan kreatif dalam dirinya dapat menciptakan pembelajaran yang efektif dan efesien dalam proses pembelajaran. Sehingga dalam penggunaan sumber belajar guru memberikan tampilan baru saat pembelajaran agar proses belajar tidak membosankan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Kreativitas Guru dalam Mengembangkan Sumber Belajar di TPQ Darul Abror Watumas Purwokerto?” Tujuan penelitian ini adalah penulis ingin mengetahui gambaran yang jelas mengenai Kreativitas Guru dalam Mengembangkan Sumber Belajar di TPQ Darul Abror Watumas Purwokerto. Skripsi ini membahas tentang kreativitas guru dalam Mengembangkan Sumber Belajar di TPQ Darul Abror Watumas Purwokerto. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh, penulis melakukan dengan cara mengumpulkan seluruh data, mereduksi data, menyajikan data, dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kreativitas guru dalam mengembangkan sumber belajar di TPQ Darul Abror Watumas Purwokerto dengan bentuk kreativitas meliputi person, proses, produk. Person adalah guru memiliki wawasan yang luas terbuka dengan yang baru. Dari person guru melakukan proses untuk mengetahui masalah dalam kegiatan pembelajaran dan mengumpulkan informasi. Guru melakukan person dan proses sehingga mendapatkan product seperti handout, buku, modul dan video/ film yang unik dan berguna. Penggunaan sumber belajar tersebut telah lebih baik, teratur, menarik dan terarah dan sudah sesuai dengan teori.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas Guru dalam mengembangkan sumber belajar, TPQ Darul Abror Watumas Purwokerto |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.342 TPA dan TKA |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Sdri Siswa Prakerin |
Date Deposited: | 08 Aug 2018 00:17 |
Last Modified: | 08 Aug 2018 00:17 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4089 |
Actions (login required)
View Item |