NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM FILM AISYAH: BIARKAN KAMI BERSAUDARA

DITA YASINTA, NIM. 1423301085 (2018) NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM FILM AISYAH: BIARKAN KAMI BERSAUDARA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (439kB) | Preview
[img] Text
DITA YASINTA_NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM FILM AISYAH BIARKAN KAMI BERSAUDARA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan multikultural adalah suatu proses pendidikan yang melingkupi strategi, metode dan pendekatan yang di dalamnya terdapat penanaman cara hidup menghormati, toleransi, dan menghargai sesama tanpa membedakan latar belakang ras, agama dan suku bangsa untuk menciptakan masyarakat yang lentur dalam menghadapi konflik sosial, sehingga tercapai kehidupan yang harmonis dan damai dalam bingkai keberagaman. Dalam proses pembelajaran, pendidikan multikultural dapat ditanamkan dalam diri peserta didik dengan menggunakan berbagai media belajar, salah satunya adalah film. Film dapat dijadikan sebagai media penanaman pendidikan multikultural karena film dapat memberikan pengaruh yang besar dan nyata karena sifatnya yang audio-visual, sehingga dapat dipahami dengan mudah. Sebagai contoh adalah film garapan sutradara Herwin Novianto yang berjudul Aisyah: Biarkan Kami Bersaudara. Film ini memberikan gambaran tentang realitas kehidupan berbangsa, bernegara dan beragama di Indonesia. Sehingga dalam penelitian ini, penulis meneliti nilai-nilai pendidikan multikultural dalam film Aisyah: Biarkan kami Bersaudara karya Herwin Novianto. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan atau library research dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan terdiri dari sumber data primer yaitu video film Aisyah: Biarkan Kami Bersaudara, dan sumber data sekunder yaitu buku-buku, internet, majalah, artikel dan literatur-literatur yang relevan dengan penelitian ini untuk memperkuat pendapat dan melengkapi hasil penelitian. Setelah data terkumpul, selanjutnya dipilah untuk selanjutnya dilakukan analisis data. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode analisis isi atau conten analysis. Jenis analisis ini akan penulis gunakan dalam upaya menerangkan nilai-nilai pendidikan multikultural dalam film Aisyah : Biarkan Kami Bersaudara karya Herwin Novianto. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, terdapat kesimpulan mengenai nilai-nilai pendidikan multikultural yang terdapat dalam film Aisyah: Biarkan Kami Bersaudara karya Herwin Novianto, yaitu: 1) Nilai Toleransi, 2) Nilai Pluralisme, 3) Nilai Demokrasi, 4) Nilai Kemanusiaan, 5) Nilai Persaudaraan, dan 6) Nilai Kesetaraan 7) Nilai Kedamaian dan 8) Nilai Keadilan. Nilai-nilai pendidikan multikultural dalam film Aisyah: Biarkan Kami Bersaudara memiliki relevansi dengan pendidikan Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai Pendidikan Multikultural, Film Aisyah, Biarkan Kami Bersaudara
Subjects: 700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 791 Public performances > 791.4 Film, Radio, Televisi > 791.4302 Aspek tertentu dari Film (gambar hidup)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 08 Aug 2018 00:22
Last Modified: 08 Aug 2018 00:22
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4087

Actions (login required)

View Item View Item