METODE MUSYAWARAH DALAM PEMBELAJARAN FIQH DI MADRASAH DINIYAH PONDOK PESANTREN AL-HIDAYAH KARANGSUCI PURWOKERTO

ELLA YOSY ANGGIANA, NIM. 1423301176 (2018) METODE MUSYAWARAH DALAM PEMBELAJARAN FIQH DI MADRASAH DINIYAH PONDOK PESANTREN AL-HIDAYAH KARANGSUCI PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (436kB) | Preview
[img] Text
ELLA YOSY ANGGIANA_METODE MUSYAWARAH DALAM PEMBELAJARAN FIQH DI MADRASAH DINIYAH PONDOK PESANTREN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari salah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan kita yaitu fenomena munculnya kenakalan peserta didik belakangan ini yang merembet sangat luas menjadi tawuran masyarakat, bahkan menyebabkan kematian, tentunya dapat dibaca sebagai cerminan pendidikan secara umum. Jika ditilik lebih jauh ini mencerminkan cara guru dalam mendidik peserta didiknya. Cara guru dalam mendidik peserta didik dapat digambarkan sebagai metode yang relevan dan profeisional. Cara guru sebagai metode yang dipergunakan dalam mengajar, akan terlihat dan diikuti oleh peserta didik dalam pembelajaran. Metode pembelajaran merupakan cara yang digunakan pendidik dalam menyampaikan bahan pelajaran kepada peserta didik sehingga dapat menciptakan suatu proses yang interaksi edukatif antara peserta didik dan pendidik dan sumber belajar yang terarah untuk mencapai tujuan pembelajaran. Metode jauh lebih penting dibanding dengan materi, implementasi dari teori tersebut bahwa mata pelajaran yang spele atau kurang menarik tapi jika disajikan dengan metode yang bagus maka akan menjadi menarik, sebaliknya apabila materi yang cukup baik tetapi tidak disajikan dengan metode yang bagus maka materi pelajaran tersebut kurang diperhatikan dan kurang diminati peserta didik. Oleh karena itu penerapan metode yang tepat sangat mempengaruhi pencapaian keberhasilan dalam proses belajar mengajar. Dalam perjalanan mengumpulkan data penulis menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang bertujuan menggambarkan secara sistematis mengenai fakta-fakta yang ditemukan dilapangan bersifat verbal, kalimat, fenomena-fenomena dan bukan berupa angka-angka dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan verifikasi data. Subjek penelitian ini guru Fiqh madrasah diniyah, santri dan metode musyawarah dalam pembelajaran fiqh. Metode yang diterapkan dalam pembelajaran fiqh antara lain metode ceramah, Tanya jawab, dan diskusi atau musyawarah merupakan metode yang sering digunakan dalam pembelajaran fiqh. Disini penulis menganalisis penerapan metode musyawarah dalam pembelajaran fiqh dan sudah berjalan dengan baik. Hal ini dilihat dari penerapannya yang disesuaikan dengan tujuan pembelajaran, materi , dan kemampuan santri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Musyawarah Dalam Pembelajaran Fiqh
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 06 Aug 2018 00:13
Last Modified: 06 Aug 2018 00:13
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4077

Actions (login required)

View Item View Item