KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BAHASA ARAB MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) SE-KECAMATAN SALEM KABUPATEN BREBES

AEP PURNAMA, NIM. 1323302020 (2018) KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BAHASA ARAB MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) SE-KECAMATAN SALEM KABUPATEN BREBES. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
AEP PURNAMA_KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BAHASA ARAB MADRASAH.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
COVER_BAB I-BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (934kB)

Abstract

Kompetensi Profesional guru pendidikan bahasa Arab merupakan kemampuan atau kemahiran seorang guru dalam menguasai materi pembelajaran bahasa Arab secara luas dan mendalam yang memungkinkan bisa membimbing peserta didik serta menjalankan profesinya sebagai guru profesional sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Nasional Pendidikan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang menarik untuk diteliti berkaitan dengan kompetensi profesional guru bahasa Arab MTs se-Kecamatan Salem Kabupaten Brebes yaitu guru yang sudah memiliki pendidikan akademis strata 1 (S1), mengikuti uji kompetensi dan sertifikasi guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kompetensi profesional guru bahasa Arab MTs se-kecamatan Salem kabupaten Brebes. Tujuan penelitian ini adalah penulis ingin mengetahui bagaimana kompetensi profesional guru dan usaha-usaha yang dilakukan Madrasah untuk meningkatkan kompetensi profesional guru bahasa Arab MTs se-kecamatan Salem kabupaten Brebes. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, subjek penelitian adalah semua guru bahasa Arab dan kepala MTs se-kecamatan Salem kabupaten Brebes. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara,dokumentasi dan pendukung lainnya. Sedangkan data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualifikasi pendidikan kompetensi Profesional guru bahasa Arab MTs se-kecamatan Salem kabupaten Brebes yang berjumlah 4 guru bahasa Arab sudah profesional walau pun ada satu guru yang bukan lulusan pendidikan tetapi sekarang sudah kuliah lagi di bidang pendidikan dan sudah memenuhi kriteria kompetensi profesional yang berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Usaha-usaha yang dilakukan madrasah dalam meningkatkan kompetensi profesionalan guru adalah dengan mengikutkan guru dalam KKG/ MGMP setiap dua bulan sekali secara keseluruhan, mengadakan pertemuan guru mapel, pelatihan-pelatihan, seminar, diklat, workshop baik dari sekolah, yayasan, korwil maupun kabupaten.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Profesional Guru, Guru bahasa Arab MTs se-Kec.Salem
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 16 Aug 2018 03:59
Last Modified: 16 Aug 2018 03:59
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4076

Actions (login required)

View Item View Item