ANALISIS BUTIR SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GASAL MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VIII MTs HUFFADH AL-ITQONIYYAH TAHUN PELAJARAN 2017/2018

TIAS LUPITASARI, NIM. 1423302082 (2018) ANALISIS BUTIR SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GASAL MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VIII MTs HUFFADH AL-ITQONIYYAH TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (415kB) | Preview
[img] Text
TIAS LUPITASARI_ANALISIS BUTIR SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GASAL MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KEL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal Penilaian Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas VIII MTs Huffadh Al-Itqoniyyah Tahun Pelajaran 2017/2018, apabila ditinjau dari analisis: validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan fungsi pengecoh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Soal Penilaian Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas VIII MTs Huffadh AlItqoniyyah Tahun Pelajaran 2017/2018 terdiri dari 50 butir soal pilihan ganda. Soal tersebut dianalisis berdasarkan validitas, reliabilitas, daya pembeda, tingkat kesukaran, dan fungsi pengecoh. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs Huffadh Al-Itqoniyyah Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 57 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan interview (wawancara). Data tersebut dianalisis menggunakan program Anates V4 . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; kualitas butir soal pilihan ganda, terdapat hasl sebagai berikut: (1) Ditinjau dari segi validitas isi, butir soal udah valid; dan validitas item, terdapat soal yang valid berjumlah 47 soal (94%) dan tidak valid berjumlah 3 soal (6%). (2) Ditinjau dari segi reliabilitas, soal memiliki tingkat reliabilitas tinggi yaitu sebesar 0,96. (3) Ditinjau dari tingkat kesukaran, 1 soal (2%) termasuk kategori sukar, 21 soal (42%) termasuk kategori sedang, dan 28 soal (56%) termasuk kategori mudah. (4) Ditinjau dari daya pembeda, 1 soal (2%) termasuk kategori lemah, 11 soal (22%) termasuk kategori cukup, 29 soal (58%) termasuk kategori baik, dan 9 soal (18%) termasuk kategori baik sekali. (5) Ditinjau dari fungsi pengecoh, 20 soal (40%) telah berfungsi dengan baik, dan 30 soal (60%) terdapat beberapa alternatif jawaban sebagai pengecoh belum berfungsi dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesulitan, Daya Pembeda, Fungsi Pengecoh.
Subjects: 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 03 Aug 2018 00:08
Last Modified: 03 Aug 2018 00:08
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4066

Actions (login required)

View Item View Item