PRAKTEK KEPEMIMPINAN SITUASIONAL KEPALA SD N KARANGTENGAH 04 KECAMATAN SAMPANG KABUPATEN CILACAP

N. ASIH NIM, 1423303019 (2018) PRAKTEK KEPEMIMPINAN SITUASIONAL KEPALA SD N KARANGTENGAH 04 KECAMATAN SAMPANG KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
N.ASIH_COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA 1.pdf

Download (738kB) | Preview
[img] Text
N.ASIH_PRAKTEK KEPEMIMPINAN SITUASIONAL KEPALA SD N KARANGTENGAH 04 KECAMATAN SAMPANG KABUPATEN CILACAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kepemimpinan situasional adalah gaya kepala sekolah dalam memimpin sekolah yang mempertimbangkan pada kemauan (willingness) dan kemampuan (ability) dari setiap bawahanya serta mempertimbangkan situasi lingkungan dalam segala bidang untuk mewujudkan tujuan sekolah. Kepemimpinan situasional juga melihat pada sisi hubungan emosional antara pemimpin dan bawahan. Pemimpin berusaha memikirkan kesejahteraan para bawahan, sehingga para bawahan akan bekerja secara maksimal Kepala sekolah sebagai pemegang jabatan tertinggi dalam sekolah, mempunyai tugas untuk memimpin dan mengelola sekolahnya untuk mewujudkan visi da misis sekolah. untuk mewujudkan hal tersebut, kepala sekolah harus dapat memahami kompetensi kemampuan yang dimiliki oleh setiap guru dan memperhatikan kemampuan lingkungan sebagai aspek pendukung seluruh programnya. Kepala SD N Karangtengah 04 selalu menjalankan kepemimpimpinan situasional-nya untuk mewujudkan visi dan misi SD N Karangtengah 04. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, penulis tertarik melakukan penelitian tentang kepemimpian situasional Kepala SD N Karangtengah 04. Untuk mendapatkan data yang valid, penulis melakukan penelitian dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Jenis penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Proses analisis data yang peulis gunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun obej penelitian penulis adalah kepemimpinan situasional Kepala SD N Karangtengah 04 dengan subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru kelas, guru mata pelajaran dan ketua komite sekolah. Hasil penelitian yang telah penulis lakukan dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut dari seluruh kegiatan yang dilakukan oleh Kepala SD N Karangtengah 04 dalam kepemimpinanya. Kepala SD N 04 tergolong sebagai kepala sekolah yang memahami situasi yang terjadi di SD N Karangtengah 04. Karena pada dasarnya, kepeemimpinan situasional adalah kepemimpinan yang memperhatikan aspek kemampuan guru dan kemampuan sekolah serta turut menedepankan hubungan manusiawi dalam setiap tindakanya ketika memimpin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepala Sekolah, Kepemimpinan situasional
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 School Administration and Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 02 Aug 2018 10:02
Last Modified: 02 Aug 2018 10:02
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4043

Actions (login required)

View Item View Item