STRATEGI PEMASARAN PRODUK “TABUNGAN iB MUAMALAT” DI PT. BANK MUAMALAT INDONESIA, Tbk KANTOR CABANG PURWOKERTO

YULIA NUR RAHMAWATI, NIM: 1522203096 (2018) STRATEGI PEMASARAN PRODUK “TABUNGAN iB MUAMALAT” DI PT. BANK MUAMALAT INDONESIA, Tbk KANTOR CABANG PURWOKERTO. Diploma thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text
YULIA NUR RAHMAWATI_STRATEGI PEMASARAN PRODUK “TABUNGAN iB MUAMALAT” DI PT. BANK MUAMALAT INDONES.pdf

Download (983kB) | Preview

Abstract

iB Muamalat adalah tabungan nyaman untuk digunakan kebutuhan transaksi dan berbelanja dengan kartu Share-E Debit yang berlogo Visa plus dengan manfaat berbagai macam program subsidi belanja merchant lokal dan luar negeri. Dalam memasarkan produk tabungan iB Muamalat, PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Kantor Cabang Purwokerto menggunakan strategi pemasaran. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran produk tabungan iB Muamalat di PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Kantor Cabang Purwokerto. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yaitu dengan mendeskripsikan strategi pemasaran yang digunakan PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Kantor Cabang Purwokerto. Peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan (Field Research). Sedangkan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya berkaitan dengan model analisis data adalah model analisis deskriptif dimana mendeskripsikan tentang masalah sebelum dilapangan dan sesudah dilapangan. Berdasarkan penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan Strategi Pemasaran Produk Tabungan iB Muamalat di PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Kantor Cabang Purwokerto sudah dilaksanakan dengan baik dengan menggunakan strategi 7P yaitu: 1. Product (produk) Produk merupakan elemen penting dalam sebuah program pemasaran. Strategi produk dapat mempengaruhi strategi pemasaran lainya. Pembelian sebuah produk bukan hanya sekedar untuk memiliki produk tersebut tetapi juga untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. 2. Price (harga) Harga merupakan pengorbanan ekonomis yang dilakukan pelanggan untuk memperoleh produk atau jasa. Selain itu harga salah satu faktor penting konsumen dalam mengambil keputusan untuk melekukan transaksi atau tidak. 3. Promotion (promosi) Promosi adalah kegiatan mengkomunikasikan informasi dari penjual kepada konsumen atau pihak lain dalam saluran penjualan untuk mempengaruhi sikap dan perilaku. 4. Place (saluran distribusi) Saluran distribusi terdiri dari seperangkat lembaga yang melakukan segala kegiatan (fungsi) yang digunakan untuk menyalurkan produk dan status pemiliknya dari produsen ke konsumen. 5. People (orang) Yang dimaksud orang disisni adalah karyawan penyedia jasa layanan maupun penjualan, atau orang-orang yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung dalam proses layanan itu sendiri. 6. Process (proses) Proses adalah kegiatan yang menunjukan bagaimana pelayanan diberikan kepada konsume selama melakukan pembelian barang atau jasa. 7. Physical evidence (lingkungan fisik) Yang dimaksud dengan situasi ini adalah situasi dan kondisi geografis dan lingkungan institusi, dekorasi, ruangan, suara, aroma, cahaya, cuaca, perletakan dan layout yang nampak atau lingkungan yang penting sebagai obyek stimuli.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Produk Tabungan iB Muamalat
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank (Termasuk Kartu kredit, Tabungan, Deposito dll)
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Perbankan Syariah
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 12 Aug 2018 23:57
Last Modified: 12 Aug 2018 23:57
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4039

Actions (login required)

View Item View Item