IMPLEMENTASI PEMAHAMAN HIJAB BAGI PROSES PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK-IT MA’ARIF NU 01 KARANGLEWAS KABUPATEN BANYUMAS

FIFI MAGHFIROH, NIM. 1423301319 (2018) IMPLEMENTASI PEMAHAMAN HIJAB BAGI PROSES PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK-IT MA’ARIF NU 01 KARANGLEWAS KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (818kB) | Preview
[img] Text
FIFI MAGHFIROH_IMPLEMENTASI PEMAHAMAN HIJAB BAGI PROSES PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK-IT MA’ARIF .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Hijab merupakan alat yang diaplikasikan oleh kaum perempuan untuk menutup auratnya pada bagian kepala hingga daerah dada. Pada lingkungan sekolah saat ini banyak yang membuat peraturan tata tertib yang mewajibkan seluruh kaum perempuan baik siswi dan guru untuk menggunakan hijab saat berada di sekolah. Penggunaan hijab meupakan implementasi yang menjadi salah satu bukti dari proses pendidikan agama Islam dalam proses mendidik seorang siswi untuk menutup auratnya dengan berhijab. Keterkaitan pembelajaran dan pengajaran di dalam proses pendidikan agama Islam yang diperoleh dari sekolah dengan penggunaan hijab memperikan pengaruh bagi segi kehidupan siswi tentang pemahamannya dalam pengaplikasian menggunakan hijab. Pembelajaran yang berkenaan pada pendidikan agama Islam ini merupakan fondasi bagi siswi untuk menerapkan segi-segi keislaman di dalam dirinya yang salah satu mengetahui secara benar tentang bagaimana menggunakan hijab yang benar dan memahami tentang hijab yang sebenarnya. Berkenaan pada implementasi pada pemahaman hijab pada proses pendidikan Islam memberikan peran guru di dalamnya tentang bagaimana cara menyikapi pelaksanaan terhadap pemahaman hijab sebagai proses pendidikan agama Islam menjadi hal yang menarik bagi penulis untuk mengkaji di lingkungan SMK-IT Ma‟arif NU 01 Karanglewas. Penelitian yang berjudul “Implementasi Pemahaman Hijab Bagi Proses Pendidikan Agama Islam di SMK-IT Ma’arif NU 01 Karanglewas Kabupaten Banyumas” ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang implementasi dari suatu pemahaman berhijab dan keterkaitan seorang guru dalam mendidik dan mengajarkan siswi tentang akhlak berpakaian Islami serta menerapkannya berdasarkan dari proses pendidikan agama Islam. Dalam hal ini, penulis tertarik untuk mengambil rumusan masalah yang menerangkan tentang Bagaimana implementasi mengenai pemahaman berhijab bagi proses pendidikan agama Islam di SMK-IT Ma‟arif NU 01 Karanglewas Kabupaten Banyumas? Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan berbasis penelitian lapangan yang menekankan pada aspek studi kasus yang berada di lingkungan sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan verifikasi data untuk dikumpulkan menjadi satu kesatuan dan diolah menjadi data yang lengkap. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan yang berkenaan pada implementasi pemahaman hijab bagi proses pendidikan agama Islam dapat disimpulkan bahwa hijab merupakan alat penutup kepala bagi kaum perempuan dan merupakan dasar bagi perempuan menutup auratnya sebagaimana yang diwajibkan dalam ajaran agama Islam. Adapun antara hijab dan pendidikan agama Islam proses dari dasar pembekalan pembelajaran yang ada pada konsep pendidikan Islam yang dapat memberikan pengaruh terhadap cara seseorang untuk menaati perintah yang ditentukan oleh ajaran Islam, terkhusus pada kaum perempuan dalam menggunakan hijab yang benar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hijab, Pendidikan Agama Islam, guru.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3308 Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 01 Aug 2018 00:11
Last Modified: 01 Aug 2018 00:11
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4035

Actions (login required)

View Item View Item