IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PROBING PROMPTING PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II A DI MI AT-TAUHID PAGERALANG KECAMATAN KEMRANJEN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2017/2018

LAELI NURSAGITA SARI, NIM 1423305065 (2018) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PROBING PROMPTING PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II A DI MI AT-TAUHID PAGERALANG KECAMATAN KEMRANJEN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (580kB) | Preview
[img] Text
LAELI NURSAGITA SARI_IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PROBING PROMPTING PADA PE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (941kB)

Abstract

Strategi pembelajaran kooperatif tipe probing prompting merupakan model pembelajaran yang membagi siswa dalam beberapa kelompok yang menekankan sikap atau perilaku bersama dalam belajar atau membantu diantara sesama anggota kelompok. Model pembelajaran ini didesain untuk menciptakan suasana pembelajaran yang merangsang agar peserta didik dapat berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran, sehingga peserta didik mempunyai sikap kerjasama, gotong royong ,tanggung jawab, berani, mampu mengungkapkan ide dan gagasan peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi strategi pembelajaran kooperatif tipe probing prompting pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas II A di MI At-tauhid Pageralang Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Kelas II A, dan peserta didik kelas II A. Objek dari penelitian ini adalah bagaimana implementasi strategi pembelajaran kooperatif tipe probing prompting pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas II A di MI At-tauhid Pageralang Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas. Kemudian dianalisis dengan menggunakan pola Miles dan Huberman yaitu: Pengumpulan data, mereduksi data, menyajikan data, dan verivikasi data. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti, menunjukkan bahwa implementasi strategi pembelajaran kooperatif tipe probing prompting pada pembelajaran Bahasa Indonesia bertujuan agar peserta didik mampu mengembangkan ketrampilan sosial mereka dengan berinteraksi dengan peserta didik yang lain dan melatih kemampuan berfikir, serta mengungkapkan ide dan gagasan di depan umun. Adapun langkah-langkah strategi pembelajaran kooperatif tipe probing prompting pada pembelajaran Bahasa Indonesia fase pertama yaitu menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa, fase kedua guru menyajikan informasi kepada siswa dengan jalan demonstrasi atau lewat bahan bacaan, fase yang ketiga mengorganisasikan siswa kedalam kelompok kooperatif, fase keempat membimbing kelompok bekerja dan belajar, fase kelima guru mengevaluasi hasil belajar tentang materi yang telah dipelajari atau masing-masing kelompok mempresentasikan hasil kerjanya. Dan fase yang keenam memberikan penghargaan dengan guru mencari cara untuk menghargai baik upaya maupun hasil belajar individu dan kelompok. Ruang lingkup pembelajaran kooperatif tipe probing prompting pada pembelajaran Bahasa Indonesia yaitu menyimak, mendengarkan, membaca, dan menulis. Hal ini terlihat ketika pembelajaran terjadi siswa cenderung aktif dalam menjawab pertanyaan dan berpartisipasi dengan baik ketika belajar didalam kelompok serta saling membantu dan bekerjasama sesama anggota kelompok dan memiliki semangat gotong royong.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Kooperatif tipe Probing Prompting, Pembelajaran Bahasa Indonesia
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 31 Jul 2018 00:40
Last Modified: 31 Jul 2018 00:40
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4026

Actions (login required)

View Item View Item