STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTs MA’ARIF NU 2 CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS

AFLAKHUN NISA, NIM : 1123308063 (2016) STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTs MA’ARIF NU 2 CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, V, Daftar Pustaka.pdf

Download (875kB) | Preview
[img] Text
AFLAKHUN NISA_STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTs MA’ARIF NU 2 CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa di MTs Ma‟arif NU 02 Cilongok merupakan pendidikan formal tingkat menengah pertama yang dalam pembelajarannya anakanak sering merasakan kejenuhan. Karena itu penerapan pembelajaran aktif ini dilakukan oleh guru khususnya guru mata pelajaran akidah akhlak. Rumusan masalah yang ada dalam skripsi ini adalah bagaimana strategi pembelajaran aktif pada mata pelajaran akidah akhlak di dalam kelas. Penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan penulis adalah bentuk deskriptif analisis yaitu dengan cara berfikir induktif yaitu berangkat dari fakta-fakta khusus kemudian di generalisasi yang bersifat umum berupa reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Dalam proses belajar-mengajar mata pelajaran akidah akhlak harus mendesain suatu pembelajaran yang dapat menggerakkan hati siswa untuk melaksanakan materi pembelajaran yang telah dipelajari di kelas. Untuk mencapai harapan dan memecahkan persoalan ini di kembangkan strategi Pembelajaran aktif, sehingga jalannya pembelajaran dapat membuat siswa bukan saja aktif secara fisik tetapi juga phisikisnya dan saling berinteraksi antar siswa, siswa dan guru, serta siswa dan sumber belajar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa stategi pembelajaran aktif pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Ma‟arif NU 2 Cilongok, tercermin dari aktivitas guru yang dalam penerapan pembelajaran di kelas VIII guru menggunakan berbagai cara, metode dan teknik untuk mengembangkan, memaksimalkan dan mengaktifkan siswa, baik aktif secara fisik maupun aktif mental, selain itu aktivitas siswa dalam pembelajaran tersebut setiap individu siswa terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Faktor-Faktor yang mendorong pelaksanaan strategi pembelajaran aktif pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Ma‟arif NU 2 Cilongok kelas VIII adalah meliputi sarana prasarana yang ada di kelas VIII, guru yang mampu dalam bidangnya dan telah tersertifikasi, serta kesiapan siswa dalam mengikuti pelajaran. Sedangkan factor-faktor yang menghambat adalah alokasi waktu pembelajaran akidah akhlak yang hanya dua jam pelajaran serta keterbatasan media atau alat peraga sehingga guru harus kreatif membuat media sendiri. Kata kunci: Strategi Pembelajaran Aktif, Mata Pelajaran Akidah Akhlak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lc. M.Hum Nurrohim Nurrohim
Date Deposited: 30 Jun 2016 02:08
Last Modified: 30 Jun 2016 02:08
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/402

Actions (login required)

View Item View Item