MANAJEMEN PELAYANAN JASA DENGAN SISTEM “ALL IN” PADA JAMA’AH IBADAH HAJI DAN UMRAH DI NUR FAUZI GROUP PURWOKERTO

IZQI DWI ARISTIANI, NIM. 1423104017 (2018) MANAJEMEN PELAYANAN JASA DENGAN SISTEM “ALL IN” PADA JAMA’AH IBADAH HAJI DAN UMRAH DI NUR FAUZI GROUP PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I-BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
IZQI DWI ARISTIANI_MANAJEMEN PELAYANAN JASA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kegiatan ibadah haji dan umrah merupakan ibadah yang kompleks, karena melibatkan berbagai pihak dalam pelayanannya, dan membutuhkan persiapan yang matang, seperti biaya, fisik, mental, dan pengetahuan tentang teori haji dan umrah. Banyak aspek penting yang harus diperhatikan dalam pelaksanaannya saat masih di tanah air maupun di tanah suci, seperti dalam pengurusan biaya, dokumen, pemeriksaan kesehatan, bimbingan manasik, transportasi, konsumsi, kesehatan dan akomodasi. Untuk mengurus berbagai keperluan tersebut biasanya para jama’ah haji maupaun umrah tidak melakukannya sendiri, melainkan menggunakan jasa dari para penyedia pelayanan haji dan umrah.Oleh sebab itu penulis tertarik untuk melakukan penelitian secara mendalam mengenai pelayanan haji dan umrah yang ada pada Lembaga Haji dan Umrah Nur Fauzi Group Purwokerto. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui dua persoalan pokok. (1) untuk mengetahui bagaimana manajemen pelayanan dengan sistem “All In” yang diberikan oleh Nur Fauzi Group. (2) seperti apa faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan sistem pelayanan “All In” di Nur Fauzi Group. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan mengambil lokasi penelitian di Lembaga Haji dan Umrah Nur Fauzi Group Purwokerto.Data-data dalam penelitian berupa data-data kualitatif yang berupa data primer dan data sekunder.Data-data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.Data-data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis dengan metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan yang diberikan oleh Lembaga Haji dan Umrah Nur Fauzi Group menggunakan sistem “All In”, dimana semua keperluan jama’ah dari mulai dokumen sampai keperluan selama di Tanah suci di tanggung oleh pihak Nur Fauzi Group. Pelayanan tersebut meliputi pelayanan administrasi, bimbingan, transportasi, kesehatan, konsumsi dan akomodasi.Untuk menerapkan sistem pelayanan “All In” tersebut pasti terdapat faktor pendukung dan penghambat yang harus diperhatikan oleh Nur Fauzi group. Faktor yang mendukung pelayanan tersebut adalah keramahan dari semua karyawan yang membuat jama’ah merasa nyaman, langganan yang cukup banyak sehingga mampu memberikan rasa kepercayaan dari jama’ah baru, memiliki link atau pihak kerjasama yang cukup sehingga dalam mengurus dokumen jama’ah cepat terselesaikan dan memiliki perwakilan dari berbagai kota (Bumiayu, Purwokerto, Banjarnegara) untuk dapat mengurus keperluan jama’ah yang bertempat tinggal di kota tersebut. Sedangkan faktor yang menghambat dalam pelayanan adalah dokumen jama’ah yang belum lengkap dan lokasi tempat tinggal jama’ah yang terkadang sulit ditemukan ketika penjemputan dalam mengurus persyaratan jama’ah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nur Fauzi Group, pelayanan, sistem “All In”, biro haji
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah > 2x4.15 Haji dan Umrah
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 651 Office services
Divisions: Fakultas Dakwah > Manajemen Dakwah
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 31 Jul 2018 00:38
Last Modified: 31 Jul 2018 00:38
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4018

Actions (login required)

View Item View Item