ANALISIS SWOT TERHADAP PRODUK TABUNGAN DI BANK RAKYAT INDONESIA SYARIAH KANTOR CABANG PEMBANTU BANYUMAS AJIBARANG (Studi Kasus Pada Produk Tabungan Faedah, Tabungan Haji, dan Tabungan Karyawan iB BRISyariah)

Fauziah Febriani, NIM. 1522203061 (2018) ANALISIS SWOT TERHADAP PRODUK TABUNGAN DI BANK RAKYAT INDONESIA SYARIAH KANTOR CABANG PEMBANTU BANYUMAS AJIBARANG (Studi Kasus Pada Produk Tabungan Faedah, Tabungan Haji, dan Tabungan Karyawan iB BRISyariah). Diploma thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_DAFTAR ISI_BAB I-BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (631kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FAUZIAH_ANALISIS SWOT TERHADAP PRODUK TABUNGAN DI BANK RAKYA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana analisis SWOT yang dilakukan pada ketiga produk tabungan diatas serta strategi apa yang harus dilakukan BRISyariah KCP Banyumas Ajibarang untuk masa yang akan datang dengan mengacu pada hasil analisis SWOT tersebut. Penelitian ini dilakukan di BRISyariah KCP Banyumas Ajibarang dengan menggunakan metode kualitatif-deskriptif dengan melakukan penelitian secara langsung, melaksanakan wawancara dan mengumpulkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan dalam melakukan analisis SWOT terhadap produk Tabungan Faedah, Tabungan Haji, dan Tabungan Karyawan untuk menggali informasi yang dibutuhkan. Hasil dari analisis SWOT yang dilakukan pada ketiga produk tabungan tersebut masing-masing memiliki faktor internal dan eksternal yang berbeda-beda. Namun, pada ketiganya tersebut terdapat faktor yang selalu muncul yaitu dari sisi kekuatan: dana yang dikelola menggunakan prinsip syariah. Kelamahannya terletak pada kualitas SDM pemasaran yang masih rendah serta jaringan ATM yang masih jarang dijumpai. Selain itu dari sisi peluang, ketiga produk tersebut memiliki jumlah peminat yang cukup tinggi sehingga berpeluang besar dalam upaya pengembangan produk yang baik. Sedangkan ancaman yang dihadapi yaitu pada produk sejenis yang banyak dijumpai dipasaran. Dari hasil tersebut pihak BRISyariah KCP Banyumas Ajibarang perlu melakukan upaya peningkatan terhadap SDM pemasaran, menyusun strategi promosi yang efektif dan efisien, melakukan inovasi pengembangan produk, memperluas jaringan dengan pihak-pihak yang berpengaruh, melakukan social education kepada masyarakat terkait pemahaman sistem bank syariah, serta melakukan upaya peningkatan dibidang teknologi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank (Termasuk Kartu kredit, Tabungan, Deposito dll)
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.1 Organization Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Perbankan Syariah
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 01 Aug 2018 00:17
Last Modified: 01 Aug 2018 00:17
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3987

Actions (login required)

View Item View Item