Kompetensi Pedagogik Guru PAI SD di Kecamatan Wangon Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2014/2015

Hartuti, Ikawati (2016) Kompetensi Pedagogik Guru PAI SD di Kecamatan Wangon Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka_Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL HARTUTI IKAWATI_1123304070.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru PAI SD di Kecamatan Wangon yang mencakup: (1) pemahaman wawasan atau landasan kependidikan oleh guru, (2) pemahaman terhadap peserta didik oleh guru, (3) pengembangan kurikulum dan silabus oleh guru, (4) perancangan atau perencanaan pembelajaran oleh guru, (5) pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, (6) evaluasi hasil belajar, (7) pemanfaatan teknologi pembelajaran, dan (8) pengembangan peserta didik oleh guru. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif pengambilan sampel dan diperoleh hasil 27 guru. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dan untuk mengetahui reliabilitasnya menggunakan rumus Alpha Cronbach..Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan prosentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum kompetensi pedagogik guru PAI SD di Kecamatan Wangon termasuk dalam kategori tinggi. Secara lebih rinci mengenai masing-masing sub kompetensi pedagogik guru tersebut sebagai berikut. (1) Guru dalam memahami wawasan atau landasan kependidikan termasuk kategori tinggi dengan persentase 61,11%. (2) Guru dalam memahami peserta didik termasuk kategori tinggi dengan persentase 66,97%. (3) Guru dalam mengembangkan kurikulum dan silabus termasuk kategori tinggi dengan persentase 65,99%. (4) Guru dalammerancanakanpembelajarantermasukkategoritinggidenganpersentase 67,25%. (5) Guru da lam melaksanakanpembelajaran yang mendidik dan dialogis termasuk kategori tinggi dengan persentase 68,45%. (6) Guru da lam mengevaluasi hasil belajar termasuk kategori tinggi dengan persentase 67,96%. (7) Guru dalam memanfaatkan teknologi pembelajaran termasuk kategori tinggi dengan persentase 67,96%. (8) Guru dalam mengembangkan peserta didik termasuk kategori tinggi dengan persentase 65,74%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik;KompetensiGuru;Guru PAI
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 30 Jun 2016 01:46
Last Modified: 30 Jun 2016 01:46
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/398

Actions (login required)

View Item View Item