IMPLEMENTASI STRATEGI COOPERATIVE LEARNING DALAM MEMBENTUK KETRAMPILAN BERFIKIR PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH AL-IKHSAN BEJI KEDUNGBANTENG BANYUMAS

Sunhaji, Dr. H.M.Ag. (2016) IMPLEMENTASI STRATEGI COOPERATIVE LEARNING DALAM MEMBENTUK KETRAMPILAN BERFIKIR PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH AL-IKHSAN BEJI KEDUNGBANTENG BANYUMAS. Laporan Penelitian. IAIN Purwokerto.

[img] Text
PENELITIAN TERBARU FIX 2016.rtf

Download (1MB)

Abstract

Cooperative learning lebih menuntut keaktifan para peserta didik untuk menyampaikan ide/gagasaan dengan sesama peserta didik. Suasana menjadi sangat dinamis, sehingga akan membentuk peningkatan kemampuan berfikir pada peserta didik. Kemampuan berfikir peserta didik merupakan dasar bagi kemajuan intelektual peserta didik, mulai dari kemampuan berfikir sederhana sampai berfikir komplek. Ketrampilan berfikir merupakan modal bagi peserta didik menjalani kehidupan bermasyarakat, dalam bersosialisasi dengan lingkungan, munculnya rasa solidaritas sosial dan kepekaan terhadap dinamika lingkungan membutuhkan kemampuan berfikir yang handal. Adapun fokus utama dalam penelitian ini adalah strategi cooperativelearning dalam meningkatkan kemampuan berfikir. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah Implementasi strategi pembelajaran cooperative learning dapat membentuk ketrampilan berfikir Peserta didik bagi Peserta didik Madrasah Alyah Al-Ikhsan Beji Banyumas. Jenis penelitian ini adalah Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif yakni menggambarkan pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan strategi cooperative. Metode penelitian kualitatif merupakan metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme. Subyek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, forum group disscussion, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan menggunakan model Miles dan Huberrman. Hasil penelitian ini adalah strategi cooperative learning yang dilaksanakan di MA Al-IKhsan Beji Kedungbanteng banyumas, sudah bervariatif dan sudah sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai, walaupun dalam beberapa model pelaksanaannya belum sempurna. Menurut penulis, strategi cooperative learning sangat efektif diterapkan dalam pembelajaran Rumpun Pendidikan Agama Islam . Hal ini dapat dilihat dari tercapainya tujuan pembelajaran serta keaktifan siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar. Keaktifan siswa dapat dilihat dari antusiasme mereka yang sangat tinggi untuk selalu berpartisipasi dan memberikan kontribusi terhadap keberhasilan kelompoknya

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 24 Jul 2018 00:20
Last Modified: 24 Jul 2018 00:20
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3947

Actions (login required)

View Item View Item