MADRASAH DALAM KONSTELASI ERA GLOBAL (Studi Kasus di MTs YAPIKA Tanjungsari Petanahan Kebumen Tahun Pelajaran 2016/2017)

Slamet Yahya, M., M.Ag (2016) MADRASAH DALAM KONSTELASI ERA GLOBAL (Studi Kasus di MTs YAPIKA Tanjungsari Petanahan Kebumen Tahun Pelajaran 2016/2017). Laporan Penelitian. IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK PENELITIAN 2016.pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAPORAN PENELITIAN.pdf

Download (780kB) | Preview

Abstract

MTs YAPIKA merupakan lembaga pendidikan yang diselenggarakan Pesantren al-Istiqomah. Tujuan diselenggarakannya yaitu membina generasi muda agar menjadi manusia yang bertaqwa, bertanggung jawab dan berakhlaq karimah, dapat memanfaatkan IPTEK. MTs YAPIKA menggunakan Kurikulum Terpadu (Kurikulum kemenag, kemendiknas, pesantren). Fokus penelitan ini adalah berupaya mengkaji pengembangan visi misi, pengembangan kurikulum, pengembangan kegiatan pembelajaran, dan pengembangan program networking dengan berbagai instansi pemerintah maupun swasta. Kerangka teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pengembangan madrasah menurut Abdur Rahman Shaleh; pertama; Madrasah Model. Madrasah ini berperan sebagai agent of change (perubahan) yang akan membawa/ membina madrasah-madrasah yang ada di sekitarnya untuk bersamasama maju menjadi madrasah-madrasah yang berkualitas, kedua; Madrasah Terpadu. Madrasah merupakan madrasah yang terdiri dari MI, MTs, dan MA (terintegrasi) baik itu secara administrasi, manajemen, kurikulum, personalia, sarana dan prasarana, dan juga pembiayaan. Atau juga madrasah yang menggabungkan pola madrasah formal (sekolah) dengan sistem pesantren atau madrasah diniyah, ketiga; Madrasah Pemberdayaan (Empowering). Madrasah ini sebagai upaya untuk memberdayakan program pendidikan Islam dan menjadi bagian dari sistem pendidikan nasional. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah, dan sebagian guru mapel yang terkait. Pengumpulan datanya menggunakan interview (wawancara), observasi (pengamatan), metode dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah trianggulasi data. Hasil penelitian ini adalah pertama; pengembangan visi misi disesuaikan dengan perkembangan Iptek dengan tetap mengedepankan nilai-nilai islami, kedua; pengembangan kurikulum menjadi multi triple curriculum (kurikulum kemenag, kurikulum kemendiknas, dan kurikulum pondok pesantren), ketiga; pengembangan kegiatan pembelajaran yang meliputi; kegiatan takror malam, kegiatan tahfidz, kegiatan tahsin, pengembangan bahasa, pembentukan akhlakul karimah, pengembangan pendidikan berwawasan lokal dan global, ketiga; pengembangan pengabdian masyarakat dalam bentuk partisipasi kerjabakti desa, perawatan janazah, pembagian zakat fitrah, pembagian zakat mal, dan pembagian hewan qurban, keempat; pengembangan tata kelola madrasah secara internal antara siswa, guru, kepala sekolah, dan tenaga kependidikan, secara eksternal antara sekolah dengan yayasan dan komita sekolah, kelima; pengembangan networking dengan orangtua siswa, alumni, instansi pemerintah, perguruan tinggi, dan instansi lainnya, keenam; MTs YAPIKA merupakan madrasah terpadu yakni siswa madrasah ini selain mendapatkan pendidikan formal juga mendapatkan Pendidikan Pesantren atau dikatakan sebagai siswa MTs YAPIKA dan santri pondok pesantren al-Istiqomah

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.331 Tsanawiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 24 Jul 2018 00:11
Last Modified: 24 Jul 2018 00:11
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3942

Actions (login required)

View Item View Item