PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI MI MA’AHIDIL MUBAROK WINDUAJI KECAMATAN PAGUYANGAN KABUPATEN BREBES

SINTA DEWI, NIM. 1323305017 (2018) PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI MI MA’AHIDIL MUBAROK WINDUAJI KECAMATAN PAGUYANGAN KABUPATEN BREBES. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_ DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (977kB) | Preview
[img] Text
PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI MI MA'AHID.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Prestasi Belajar dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Beberapa faktor diantaranya adalah gaya mengajar guru. Gaya mengajar yang dilakukan guru dirasa penting, karena dalam proses pembelajaran tidak akan lepas dari interaksi antara guru dan murid. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: adakah pengaruh gaya mengajar guru terhadap prestasi belajar IPS di MI Ma’ahidil Mubarok Winduaji Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya mengajar guru terhadap prestasi belajar IPS di MI Ma’ahidil Mubarok Winduaji Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes. Pengumpulan data diperoleh melalui angket dan wawancara untuk mengetahui gaya mengajar guru dan dokumentasi berupa rekapan nilai ulangan tengah semester genap untuk mengetahui prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan teknik analisis statistik regresi linier sederhana dengan tempat penelitiannya di MI Ma’ahidil Mubarok Winduaji Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh gaya mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran IPS MI Ma’ahidil Mubarok Winduaji Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes, yaitu sebesar 14,2%. Sedangkan 85,8% prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh faktor lain diluar yang diteliti. Adapun rata-rata gaya mengajar guru adalah 37 termasuk dalam kategori kurang, sedangkan rata-rata prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS yaitu 75 termasuk dalam kategori cukup

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: gaya mengajar, prestasi belajar, mata pelajaran IPS
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 20 Jul 2018 00:19
Last Modified: 20 Jul 2018 00:19
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3890

Actions (login required)

View Item View Item