PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI SIFAT BANGUN DATAR KELAS V DI MI MA’ARIF NU 1 GANCANG KECAMATAN GUMELAR KABUPATEN BANYUMAS

NAENI FITRIANA, 1423305072 (2018) PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI SIFAT BANGUN DATAR KELAS V DI MI MA’ARIF NU 1 GANCANG KECAMATAN GUMELAR KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (522kB) | Preview
[img] Text
NAENI FITRIANA_PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM PEMBELAJARAN MAT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan salah satu model pembelajaran yang diharapkan mampu mengefektifkan proses pembelajaran sehingga pembelajaran lebih menarik. CTL merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata peserta didik. Dengan pendekatan kontekstual siswa akan bekerja dan mengalami bukan mentransfer pengetahuan dari guru ke siswa sehingga pembelajaran berjalan optimal dan bermakna. Proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan CTL menjadikan peserta didik aktif dan kreatif ketika proses belajar mengajar berlangsung. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan pendekatan CTL dalam pembelajaran matematika materi sifat bangun datar kelas V di MI Ma‟arif NU 1 Gancang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), dengan jenis penelitian kualitatif. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan beberapa metode yaitu metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah wali kelas dan peserta didik kelas V. Sedangkan untuk menganalisis data penulis menggunakan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data/ data reduction, penyajian data/ data display, dan penarikan kesimpulan/ conclusion drawing/ verification. Kesimpulan hasil penelitian menyebutkan bahwa pelaksanaan pembelajaran CTL pada pembelajaran matematika materi sifat bangun datar kelas V telah dilaksanakan dengan baik sesuai dengan 7 komponen pendekatan CTL. Yaitu komponen konstrukstivisme (Construktivism) berbasis menemukan (inquiry), masyarakat belajar (learning community), modeling (modelling), bertanya (Questioning), refleksi (Reflection) dan penilaian autentik (Authentic assessment). Dengan menerapkan pendekatan CTL dalam pembelajaran matematika materi sifat bangun datar berdampak pada pengetahuan yang peserta didik terima akan lebih bermakna karena peserta didik mengalami sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching and Learning (CTL), Pembelajaran Matematika Bangun Datar
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 20 Jul 2018 00:11
Last Modified: 20 Jul 2018 00:11
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3879

Actions (login required)

View Item View Item