IMPLEMENTASI METODE QIRAATI PADA PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DI TPQ AL-FALAH BOBOSAN PURWOKERTO UTARA BANYUMAS

SYITAMI GIRI CANDANI, NIM. 1423301248 (2018) IMPLEMENTASI METODE QIRAATI PADA PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DI TPQ AL-FALAH BOBOSAN PURWOKERTO UTARA BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER _BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
IMPLEMENTASI METODE QIRAATI PADA PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QURAN DI TPQ AL-FALAH BOBOSAN PURWOKERTO.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Dalam belajar membaca Al-Qur‟an, banyak sekali metode yang dapat digunakan , salah satunya adalah dengan metode Qiraati. Metode Qiraati adalah Salah satu metode pembelajaran membaca Al-Qur‟an dengan membiasakan membaca dengan benar, lancar, cepat dan tepat sesuai dengan makhorijul huruf dan tajwid yang benar. Rumusan masalah yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah bagaimana Implementasi metode Qiraati pada pembelajaran membaca Al-Qur‟an di TPQ AlFalah Bobosan Purwokerto Utara Kabupaten Banyumas?. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan, Penelitian ini menggambarkan keadaan yang sebenarnya dalam proses pembelajaran metode Qiraati di TPQ AlFalah. Metode yang penulis gunakan untuk memperoleh data-data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode qiraati pada pembelajaran membaca Al-Qur‟an di TPQ Al-Falah Bobosan Purwokerto Utara Banyumas pembelajaran dilaksanakan 6 kali dalam satu minggu, yaitu hari senin sampai sabtu. Pembelajaran yang dilakukan harus berdasarkan pada prinsip Lancar, Tepat, Cepat, dan Benar (LCTB). Strateri yang digunakan yaitu Individual, Klasikal Individual dan klasikal Baca Simak. Evaluasi yang di gunakan di TPQ Al-Falah yaitu evaluasi harian atau kenaikan halaman, evaluasi kenaikan jilid, dan IMTAS (Imtihan dan Tashih Akhir Santri). Tes pelajaran yaitu tes kemampuan membaca setiap hari pada pelajaran yang telah atau sedang dipelajari. Tes kenaikan jilid yaitu tes kemampuan membaca setiap siswa yang telah selesai menyelesaikan pelajarannya pada tiap jilid. Tes IMTAS yaitu tes yang dilakukan setelah siswa menyelesaikan seluruh jilid, tes ini oleh koordinator cabang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Membaca Al-Qur‟an, Metode Qiraati
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an > 2x1.12 Ilmu Qiraat (termasuk macam qiraat dan tajwid)
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.342 TPA dan TKA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 20 Jul 2018 00:10
Last Modified: 20 Jul 2018 00:10
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3875

Actions (login required)

View Item View Item