PENGARUH IN HOUSE TRAINING TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA

NGAFIATU IMROATUN DR., NIM. 1423305160 (2018) PENGARUH IN HOUSE TRAINING TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (798kB) | Preview
[img] Text
NGAFIATU IMROATUN DR. PENGARUH IN HOUSE TRAINING TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI MI ISTIQOM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Sebagai seorang guru, memiliki kompetensi pedagogik merupakan sebuah keharusan, demi tercapainya tujuan pendidikan yang maksimal. Kompetensi pedagogik dapat diperoleh guru melalui berbagai bentuk pelatihan seperti in house training. Kegiatan pengembangan kompetensi guru menjadi penting mengingat Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah menaikkan standar kelulusan dalam ujian pendidikan dan latihan profesi guru (PLPG). Pemberdayaan kompetensi guru juga dimaksudkan untuk memperbaiki kinerja sekolah melalui kinerja guru agar dapat mencapai tujuan secara optimal, efektif, dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dari kegiatan in house training terhadap kompetensi pedagogik guru di MI Istiqomah Sambas Purbalingga. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua guru aktif di MI Istiqomah Sambas Purbalingga yaitu sejumlah 87 orang guru. Selanjutnya, teknik pengumpulan data menggunakan angket. Uji validitas instrumen penelitian menggunakan korelasi Pearson product moment dan uji reliabilitas instrumen menggunakan alpha cronbach’s. Analisis data menggunakan analisis korelasi Pearson. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai r korelasi Pearson product moment sebesar 0,685 menunjukkan terdapat pengaruh positif dengan kategori cukup tinggi. Sedangkan besarnya pengaruh yang disebabkan variabel in house training terhadap kompetensi pedagogik guru yaitu sebesar 46,9% sedangkan sisanya 53,1% ditentukan oleh faktor lain

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: : In House Training, Kompetensi Pedagogik Guru
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.12 Professional Qualifications of Teacher
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 23 Jul 2018 00:19
Last Modified: 23 Jul 2018 00:19
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3873

Actions (login required)

View Item View Item