STUDI KELAYAKAN BUKU PELAJARAN FIKIH KURIKULUM 2013 KELAS XI MADRASAH ALIYAH

Atikah Al Batati, NIM. 1423301171 (2018) STUDI KELAYAKAN BUKU PELAJARAN FIKIH KURIKULUM 2013 KELAS XI MADRASAH ALIYAH. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
ATIKAH AL BATATI_STUDI KELAYAKAN BUKU PELAJARAN FIKIH KURIKULUM 2013 KELAS XI MADRASAH ALIYAH.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai kelayakan buku pelajaran Fikih kelas XI Madrasah Aliyah dengan kurikulum 2013. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan perubahan kurikulum dari kurikulum 2006 menjadi kurikulum 2013 yang menyebabkan pula perubahan pada buku pelajaran yang digunakan sebagai acuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kelayakan buku pelajaran Fikih menurut teori Masnur Mushlich yang ditinjau dari segi penilaian isi, penyajian, kebahasan dan kegrafikan. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah kepustakaan dimana data-data yang didapat berasal dari dokumen-dokumen yang relevan seperti buku, jurnal, artikel, dan tulisan-tulisan tertentu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penilaian dalam bukuajar Fikih Kurikulum 2013 Kelas XI dari segi kelayakan isi, secara umum buku ajar ini sudah sesuai dengan indikator kelayakan isi buku, karena telah sesuai dengan KI dan KD pada buku ajar yang berkaitan, keakuratan dan kedalaman materi. Namun, perlu penambahan materi pengayaan dan soal-soal pengayaan. Kurangnya contoh atau informasi yang terdapat dalam materi. Dari segi kelayakan penyajian dengan indikator teknik penyajian, penyajian pembelajaran dan kelengkapan penyajian secara umum sudah sesuai. Hanya saja terdapat beberapa kesalahan penulisan ayat Al Qur’an serta kesalahan harakat dan bagian penyudah kurang dilengkapi dengan daftar istilah/glosarium. Penilaian dari segi kelayakan bahasa, buku ajar ini telah sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, sederhana, efektif dan efisien. Dari segi kelayakan kegrafikan, buku ajar ini sesuai denga teori yang dijelaskan, seperti kesesuaian dengan standar ISO, desain isi buku dan ukuran buku yang digunakan. Namun pada desain kulit buku (cover) kurang menarik karena tidak mencerminkan isi buku secara menyeluruh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Buku Ajar Fikih, Kurikulum 2013, Kelayakan Isi, Kelayakan Penyajian, Kelayakan Bahasa dan Kelayakan Kegrafikan.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.332 Aliyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 20 Jul 2018 00:07
Last Modified: 20 Jul 2018 00:07
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3870

Actions (login required)

View Item View Item