KREATIVITAS GURU DALAM PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 2 KARANGCEGAK KUTASARI PURBALINGGA

YUGO MAULANA, NIM.1423301256 (2018) KREATIVITAS GURU DALAM PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 2 KARANGCEGAK KUTASARI PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_DAFTAR ISI_BAB I-BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (485kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI YUGO MAULANA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kreativitas adalah kemampuan yang harus dimiliki seorang pendidik dalam menerapkan dan mengkombinasikan metode, strategi, serta pendekatan ataupun dapat menciptakan sesuatu yang baru yang dapat menunjang tercapainya tujuan pembelajaran. Guru pun harus dapat memanfaatkan sumber belajar yang ada dilingkungan sekitar. Sumber belajar adalah segala sesuatu yang dapat dijadikan sebagai sarana penunjang dalam pencapaian tujuan pembelajaran yang disusun secara sistematis, improvisasi, baik tertulis ataupun tidak, sehingga menciptakan suasana yang kondusif dan tidak membosankan bagi siswa pada saat pembelajaran. Sumber belajar yang digunakan oleh guru SD yaitu apa saja yang sudah ada dalam lingkungan sekolah, namun guru juga berusaha menampilkan sumber belajar dengan menarik agar suasana belajar menjadi menyenangkan. Kreativitas seorang guru hendaknya menjadi hal yang sudah biasa dalam pembelajaran agar proses belajar siswa tidak membosankan, dengan daya kreatif guru dalam pembelajaran akan lebih mudah untuk siswa memahami pelajaran yang diberikan dan menyenangkan. Selain itu, penulis menemukan bahwa dalam pelaksanaan kreativitas guru dalam pemanfaatan sumber belajar pada pembelajaran PAI di SD Negeri 2 Karangcegak lebih baik, teratur, menarik, dan terarah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Kreativitas Guru dalam pemanfaatan sumber belajar pada pembelajaran PAI di SD Negeri 2 Karangcegak Kutasari Purbalingga. Tujuan penelitian ini adalah penulis ingin mengetahui gambaran yang jelas mengenai kreativitas guru dalam pemanfaatan sumber belajar pada pembelajaran PAI di SD Negeri 2 Karangcegak Kutasari Purbalingga. Skripsi ini membahas viii tentang kreativitas guru dalam pemanfaatan sumber belajar pada pembelajaran PAI di SD Negeri 2 Karangcegak Kutasari Purbalingga. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh, penulis melakukan dengan cara mengumpulkan seluruh data, mereduksi data, menyajikan data, dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kreativitas guru dalam pemanfaatan sumber belajar pada pembelajaran PAI di SD Negeri 2 Karangcegak adalah dengan menggunakan bahan ajar berupa, modul, buku, audio visual. Media yang digunakan disesuaikan dengan kebutuhan dalam pembelajaran agar dapat mendukung proses belajar. Penilaian dilakukan secara komprehensif atau holistik pada seluruh ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik untuk mengetahui pemahaman siswa dalam pembelajaran. Penggunaan kreativitas dalam pemanfaatan sumber belajar tersebut telah lebih baik, teratur, menarik dan terarah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: : Kreativitas Guru dalam pemanfaatan sumber belajar pada pembelajaran PAI, SD Negeri 2 Karangcegak
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.102 Teaching
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 18 Jul 2018 10:28
Last Modified: 18 Jul 2018 10:28
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3861

Actions (login required)

View Item View Item