HUBUNGAN TINGKAT KEPRIBADIAN EKSTROVERT DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV UMAR MI NEGERI 1 BANYUMAS KABUPATEN BANYUMAS

SISKA MERIA ROSANA, NIM. 1423305127 (2018) HUBUNGAN TINGKAT KEPRIBADIAN EKSTROVERT DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV UMAR MI NEGERI 1 BANYUMAS KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (385kB) | Preview
[img] Text
SISKA MERIA ROSANA_HUBUNGAN TINGKAT KEPRIBADIAN EKSTROVERT DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perbedaan kepribadian siswa yaitu antara kepribadian ekstrovert dan introvert. Sifat kepribadian ekstrovert yang aktif/enerjik dan mudah menyesuaikan diri, sejalan dengan kegiatan belajar yang memerlukan keaktifan siswa dalam berinteraksi dengan lingkungan. Hasil belajar yang dicapai siswa sangat erat kaitannya dengan belajar, salah satu hasil belajar siswa adalah hasil belajar matematika. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah adakah hubungan antara tingkat kepribadian ekstrovert dengan hasil belajar matematika siswa kelas IV Umar MI Negeri 1 Banyumas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan tingkat kepribadian ekstrovert siswa dengan hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan metode penelitian kuantitatif. Lokasi penelitian ini adalah di MI Negeri 1 Banyumas. Objek penelitian ini yaitu tingkat kepribadian ekstrovert siswa dan hasil belajar matematika siswa. Responden dalam penelitian ini yaitu berjumlah 27 siswa dari kelas IV Umar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis korelasi pearson product moment. Berdasarkan penelitian maka diperoleh kesimpulan bahwa tidak ada hubungan antara tingkat kepribadian ekstrovert dengan hasil belajar matematika siswa kelas IV Umar MI Negeri 1 Banyumas Kabupaten Banyumas. Hal tersebut ditunjukkan oleh persen kontribusi tingkat kepribadian ekstrovert terhadap hasil belajar matematika sebesar 3,4%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: : Kepribadian, Ekstrovert, Hasil Belajar, Matematika
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 18 Jul 2018 09:19
Last Modified: 18 Jul 2018 09:19
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3851

Actions (login required)

View Item View Item