PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS KOMPETENSI DASAR MENGENAL MAKNA PENINGGALAN-PENINGGALAN SEJARAH YANG BERSKALA NASIONAL DARI HINDUBUDHA DAN ISLAM DI INDONESIA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DI KELAS V MI MUHAMMADIYAH LAMUK KECAMATAN KEJOBONG KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

BANGUN SETIYO AJI, NIM. 102335079 (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS KOMPETENSI DASAR MENGENAL MAKNA PENINGGALAN-PENINGGALAN SEJARAH YANG BERSKALA NASIONAL DARI HINDUBUDHA DAN ISLAM DI INDONESIA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DI KELAS V MI MUHAMMADIYAH LAMUK KECAMATAN KEJOBONG KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
BANGUN SETIYO AJI_PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS KOMPETENSI DASAR MENGENAL MAKNA PENINGGALAN-PENINGGALAN SEJARAH YANG BERSKALA NASIONAL DARI HINDUBUDHA DAN ISLAM DI INDONESIA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh pembelajaran di MIM Lamuk Kejobong Purbalingga bahwa teknik pembelajaran yang digunakan masih kurang menarik siswa, sehingga motivasi dan hasil belajar siswa untuk belajar relatif rendah. Mengingat hal tersebut, sebaiknya penyampaian pelajaran dengan model pembelajaran yang menarik sangat diharapkan, karena aktivitas belajar pada anak tergantung pada cara guru dalam menyampaikan pelajaran. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah Apakah penggunaan Model Kooperatif Tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar IPS Kompetensi Dasar Mengenal Makna Peninggalan-peninggalan Sejarah yang Berskala Nasional dari Masa Hindu, Budha Dan Islam Di Indonesia pada siswa kelas V MI Muhammadiyah Lamuk Kecamatan Kejobong Kabupaten Purbalingga Tahun Pelajaran 2015/2016? Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Kompetensi Dasar Mengenal Makna Peninggalan Sejarah Yang Berskala Nasional Dari Masa Hindu, Budha Dan Islam Di Indonesia Siswa Kelas V Semester I Di Mi Muhammadiyah Lamuk Kecamatan Kejobong Kabupaten Purbalingga. Jenis penelitiannya yaitu Penelitian Tindakan Kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan tes. Selanjutnya dianalisis dengan mengklasifikasikan data. Setiap analisis dinarasikan secara deskriptif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar ips. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata hasil tes awal 60,38 pada siklus I menjadi 68,63 dan pada siklus II naik menjadi 75,45. Tingkat ketuntasan belajar juga meningkat dari tes awal yaitu 30,76%, pada siklus I menjadi 54,54% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 81,81%. Kesimpulan penelitian ini adalah Dengan penggunaan Model pembelajarn make a match dapat meningkatkan hasil belajar Kompetensi Dasar Peninggalan Sejarah pada Masa Hindhu-Budha dan Islam pada Siswa kelas V MI Muhammadiyah Lamuk Kecamatn Kejobong Kabupaten Purbalingga Tahun Pelajaran 2015/2016. Kata Kunci : Peningkatan Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPS, Model Pembelajaran Make A Match.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 01 Jul 2016 07:14
Last Modified: 01 Jul 2016 07:14
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/385

Actions (login required)

View Item View Item