NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM TA’ZIR DI PESANTREN MAHASISWA AN NAJAH PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS

ALIP MUBAROK, 1423301306 (2018) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM TA’ZIR DI PESANTREN MAHASISWA AN NAJAH PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ALIP MUBAROK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
full depan, bab 1 dan bab 5, daftar pstaka.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (993kB)

Abstract

Pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam yang bertujuan untuk mempersiapkan santri untuk menjadi seorang yang ‘alim dan ‘amil ilmu agama, berakhlak mulia dan selalu bertaqwa kepada Allah SWT. Salah satu metode pendidikan yang diterapkan oleh pesantren ialah dengan memberikan ta’zir kepada santri yang melanggar tata tertib pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang nilai-nilai pendidikan Islam dalam ta’zir di Pesantren Mahasiswa An Najah Purwokerto Kabupaten Banyumas. Untuk menjawab permasalahan penelitian tersebut digunakan jenis penelitian lapangan (field research), adapun proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan subjek penelitiannya yaitupengasuh, pengurus, santri, serta subjek lain yang terkait. Data tersebut dianalisis menggunakan tiga jalur kerja yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam ta’zir di Pesantren Mahasiswa An Najah Purwokerto Kabupaten Banyumas yaitu nilai ilahiyah dan nilai insaniyah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai pendidikan Islam, ta’zir, dan pesantren.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 17 Jul 2018 01:55
Last Modified: 17 Jul 2018 01:55
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3847

Actions (login required)

View Item View Item