PENDIDIKAN KARAKTER KEMANDIRIAN ANAK DI PANTI ASUHAN DHARMO YUWONO PURWOKERTO

NURUL HASANAH, 1423301150 (2017) PENDIDIKAN KARAKTER KEMANDIRIAN ANAK DI PANTI ASUHAN DHARMO YUWONO PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
NURUL HASANAH_PENDIDIKAN KARAKTER KEMANDIRIAN ANAK DI PANTI ASUHAN DHARMO YUWONO PURWOKERTO.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Karakter kemandirian merupakan hal yang timbul pada diri sendiri melalui sebuah hati nurani, perasaan, pikiran dan suatu kebiasaan yang dapat menyatu dan membentuk suatu karakter kemandirian yang baik adalah karakter yang mahal, dimana suatu karakter sangat penting dizaman sekarang, banyak anak yang memiliki karakter tidak mandiri masih bergantung pada orang tua, males, selalu bergantung pada orang lain, berbuat semaunya sendiri tanpa memikirkan resiko yang akan terjadi. Jadi anak sangatlah membutuhkan suatu bimbingan, membina dan mengarahkan mereka agar senantiasa memiliki karakter kemandirian dan sikap yang sesuai dengan apa yang tertera di dalam ajaran agama islam yang salah satunya dilembaga sosial Panti Asuhan Dharmo Yuwono Purwokerto. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana pendidikan karakter kemandirian anak di Panti Asuhan Dharmo Yuwono Purwokerto. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, dokumentasi, dan observasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu pengasuh, pengurus, ustadz/ustadzah, dan anak asuh panti asuhan Dharmo Yuwono. Objek yang dikaji adalah bagaimana pendidikan karakter kemandirian anak di Panti Asuhan Dharmo Yuwono Purwokerto. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh, peneliti menggunakan model Miles dan Huberman yaitu: Pengumpulan data, meredukasi data, menyajikan data, dan verifikasi data. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti, bahwa pendidikan karakter kemandirian anak yang dilakukan di Panti Asuhan Dharmo Yuwono bertujuan agar memiliki karakter kemandirian yang baik dan memiliki sikap yang baik sehingga menjadi anak yang memiliki budi pekerti yang luhur, jujur, disiplin, bahagia di dunia dan akhirat nanti. Adapun ruang lingkup pendidikan karakter kemandirian yaitu karakter kemandirian terhadap diri sendiri, sesama, masyarakat, lingkungan, dan terhadap agama dengan menggunakan beberapa metode diantaranya metode keteladanan, pembiasaan, nasihat, perhatian, menyalurkan kekuatan dan hukuman. Karakter kemandirian yang dilakukan oleh pengurus panti asuhan Dharmo Yuwono yaitu melalui kegiatan keagamaan dan kegiatan umum di panti asuhan Dharmo Yuwono. Hal tersebut sudah menjadi kegiatan rutinitas anak asuh sehingga mampu membentuk suatu kebiasaan yang baik terhadap anak asuh dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, sikap dan prilaku sangat mempengaruhi karakter kemandirian yang baik sehingga dapat dilihat dari aktifitas yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari yaitu dalam kesehariannya anak, selalu disiplin, selalu sopan, melakukan solat jama’ah, mengaji, melakukan kerja bakti, berlatih memasak, mengikuti sanggar tari dan kegiatan lainya .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 03 Jul 2018 11:10
Last Modified: 03 Jul 2018 11:10
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3815

Actions (login required)

View Item View Item