MODEL PENINGKATAN KUALITAS KEMAMPUAN GURUDALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PAI DI SMK MA’ARIF NU 2 AJIBARANG KABUPATENBANYUMAS

YULIANTI, NIM.: 1423303079 (2018) MODEL PENINGKATAN KUALITAS KEMAMPUAN GURUDALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PAI DI SMK MA’ARIF NU 2 AJIBARANG KABUPATENBANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (719kB) | Preview
[img] Text
YULIANTI_MODEL PENINGKATAN KUALITAS KEMAMPUAN GURU.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Salah satu faktor penentu pendidikan yang berkualitas adalah peran guru. Suatu profesi guru dituntut mampu memberikan pelayanan terbaik dan senantiasa mengembangkan keahlian dibidangnya sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), maka guru perlu dikenalkan berbagai model pengembangan profesionalisme, dengan tujuan memberikan masukan dan pilihan kepada para guru dalam upaya meningkatkan profesionalisme. Salah satu kunci pendidikan terletak pada guru. Ketika guru mempunyai kemampuan mengajar baik, maka akan berbanding lurus dengan yang dihasilkan. Penelitian ini menggunakan metodekualitatif di SMK Ma’arif NU 2 Ajibarang, data didapatkan dari observasi, dokumen-dokumen, wawancara, serta triangulasi untuk mendukung penelitian ini. Teknik analisis berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Adapun penelitian ini juga berisi data wawancara dengan Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah bidang kurikulum, Guru PAI dan Siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana model peningkatan kualitas kemampuan guru dalam pelaksanaan pembelajaran PAI di SMK Ma’arif NU 2 Ajibarang. SMK Ma’arif NU 2 Ajibarang berbasis Islamic Boarding School dengan mendirikan Pondok Pesantren Miftahul Ulum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model yang diterapkan adalah Model Training (Pelatihan) berupa In House Training, MGMP, Diklat, Seminar, Workshop dalam meningkatkan kualitas kemampuan guru dalam pelaksanaan pembelajaran PAI. Penelitian ini dimaksudkan untuk menyajikan satu alternatif program pengembangan profesi guru, dilaksanakan pada konteks sekolah dengan tetap memperhatikkan kebutuhan, karakteristik guru, situasi lapangan, perbaikan kualitas pembelajaran, dan peningkatan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pengembangan, Kemampuan mengajar guru PAI, SMK Ma’arif NU 2 Ajibarang
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.12 Professional Qualifications of Teacher
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 06 Jun 2018 03:13
Last Modified: 06 Jun 2018 03:13
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3800

Actions (login required)

View Item View Item