MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAGI SISWA TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPQ) DARUL ABROR WATUMAS PURWANEGARA PURWOKERTO UTARA BANYUMAS

Ginanjar Adam, NIM. 1323303019 (2018) MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAGI SISWA TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPQ) DARUL ABROR WATUMAS PURWANEGARA PURWOKERTO UTARA BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
GINANJAR ADAM_MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAGI SISWA TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR'AN (TPQ) DARUL ABROR WATUMAS PURWANEGARA PURWOKER~1.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Manajemen dibutuhkan oleh semua organisasi, termasuk juga organisasi pendidikan, karena tanpa manajemen semua akan sia-sia dan pencapaian tujuan akan lebih sulit.Manajemen juga dibutuhkan dalam setiap pembelajaran, karena pada dasarnya pembelajaran merupakan upaya untuk mengarahkan anak didik kedalam proses belajar sehingga mereka dapat memperoleh tujuan belajar yang sesuai dengan apa yang diharapkan.Manajemen yang baik menentukan baik buruknya pembelajaran, bagaimana seorang guru menggunakan metode yang tepat, penyediaan alat belajar yang cukup, dan suasana kelas yang kondusif. Itu semua sangat mempengaruhi keberhasilan dalam belajar. Rumusan masalah dalam pnelitian ini adalah “Bagaimana Manajemen Pembelajaran Bagi Siswa Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Darul Abror Watumas Purwanegara Purwokerto Utara Banyumas?”. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis manajemen pembelajaran bagi siswa taman pendidikan al-Qur’an (TPQ) Darul Abror Watumas Purwanegara Purwokerto Utara Banyumas. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif guna melengkapi data dan membandingkan dengan data yang telah ditemukan melalui observasi dan wawancara. Dengan menggunakan model deskriptif. Data diperoleh dari pengasuh TPQ, ketua TPQ, serta ustadz dan ustadzah TPQ melalui wawancara, dokumentasi, dan analisis dokumen. Dalam menganalisis data yang diperoleh dari hasil penelitian, penulis menggunakan teknis analisis data yang terdiri dari kegiatan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian penulis, dapat diisimpulkan bahwa proses manajemen pembelajaran di TPQ Darul Abror sudah melaksanakan fungsi-fungsi manajemen pembelajaran itu sendiri, antara lain: perencanaan pembelajaran, pengorganisasian pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, pengawasan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Dalam tahap perencanaan pembelajaran, dilakukan musyawarah antara badan pengurus harian (BPH) dengan para ustadz dan ustadzah. Dalam pengorganisasian pembelajarannya menentukan jadwal mengajar, menentukan jadwal pelajaran, menentukan materi pelajaran, serta pembagian kelas. Dalam pelaksanaan pembelajaran, dilaksanakan dengan konsep para santri membaca Asmaul Husna, santri memberikan salam, ustadz atau ustadzah menjawab salam, ustadz atau ustadzah mengabsen, dilanjutkan materi, kemudian mengaji, dan diakhiri dengan do’a penutup majelis. Dalam pengawasan pembelajaran, pengurus TPQ mengawasi ustadz maupun ustadzah apakah ada yang berhalangan hadir atau tidak, dan para ustadz ataupun ustadzah mengawasi santri apakah para santri dapat mengikiuti pembelajaran dengan baik atau tidak. Dalam evaluasi pembelajaran di TPQ Darul Abror, ada dua mata pelajaran yang dievaluasi, yaitu: mengaji (membaca iqra’dan membaca al-Qur’an) serta pelajaran Khitabah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembelajaran, Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.342 TPA dan TKA
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 31 May 2018 00:37
Last Modified: 31 May 2018 00:37
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3793

Actions (login required)

View Item View Item