NILAI-NILAI PENDIDIKAN KEIMANAN DALAM KITAB NIAT INGSUN NGAJI DAN METODE PEMBELAJARANNYA DI PONDOK PESANTREN AL-IHYA ULUMADDIN PUTRI KESUGIHAN CILACAP

NI’MAH SETYA ASIH, NIM.1323301228 (2018) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KEIMANAN DALAM KITAB NIAT INGSUN NGAJI DAN METODE PEMBELAJARANNYA DI PONDOK PESANTREN AL-IHYA ULUMADDIN PUTRI KESUGIHAN CILACAP. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
NI'MAH SETYA ASIH_NILAI-NILAI PENDIDIKAN KEIMANAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (655kB) | Preview

Abstract

Keimanan menjadi pondasi dalam beragama. Kondisi keimanan seseorang sangat berpengaruh pada ibadah seseorang, maupun dalam kehidupan sehari-harinya. Pembentukan keimanan yang kokoh tentunya harus melakukan usaha. Usaha dalam pembentukan keimanan ini disebut dengan pendidikan keimanan.. Pemahaman tentang keimanan yang berdasarkan pada Al-Quran dan hadits bisa didapatkan dari berbagai sumber salah satunya adalah kitab. Banyak kitab yang mengkaji tentang akidah berlandaskan Al-Quran dan hadits, salah satu kitab yang mengkaji tentang akidah adalah kitab Niat Ingsun Ngaji. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan keimanan dalam kitab Niat Ingsun Ngaji dan bagaimana metode pembelajaran nilai-nilai pendidikan keimanan di Pondok Pesantren Al-Ihya Ulumaddin Putri Kesugihan Cilacap. Penelitian ini merupakan dua jenis penelitian kualitatif, yaitu kajian kepustakaan (library research) dan penelitian lapangan (field research). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis isi (content analysis) dan analisis kualitatif menurut Miles and Hubberman. Penulis mengupas isi kitab Niat Ingsun Ngaji yang mencakup nilai-nilai pendidikan keimanan dan mendeskripsikan metode pembelajaran nilai-nilai pendidikan keimanan di Pondok Pesantren Al-Ihya Ulumaddin Putri Kesugihan Cilacap. Pengumpulan data yang digunakan penulis diantaranya pengumpulan data riset kepustakaan untuk mengupas nilai-nilai pendidikan keimanan dalam kitab Niat Ingsun Ngaji, metode wawancara, observasi dan dokumentasi untuk mengemukakan metode pembelajaran nilai-nilai pendidikan keimanan di Pondok Pesantren Al-Ihya Ulumaddin Putri Kesugihan Cilacap. Berdasarkan pada hasil penelitian terhadap kitab Niat Ingsun Ngaji terdapat nilai-nilai pendidikan keimanan, diantaranya: kewajiban untuk menghambakan diri kepada Allah, mengimani hari akhir dengan adanya surga, mengimani hari akhir dengan adanya neraka, kedudukan syahadat dalam Islam dan berkumpulnya aqidah 50 dalam lafadz hailalah, kewajiban beriman kepada Allah dan Rasulullah. Adapun metode pembelajaran nilai-nilai pendidikan keimanan berdasarkan observasi dan wawancara di Pondok Pesantren Al-Ihya Ulumaddin Putri Kesugihan Cilacap diantaranya: metode ceramah/ mau’idzah, metode tanya jawab/ hiwar, metode diskusi, metode karyawisata, metode pembiasaan, metode keteladanan, metode targhib wa tarhib dan metode menghafal. Kata Kunci : Nilai Pendidikan Keimanan, Kitab Niat Ingsun Ngaji, Metode Pembelajaran, Al-Ihya Ulumaddin Putri Kesugihan Cilacap.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Keimanan, Kitab Niat Ingsun Ngaji, Metode Pembelajaran, Al-Ihya Ulumaddin Putri Kesugihan Cilacap.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 28 Apr 2018 04:36
Last Modified: 28 Apr 2018 04:36
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3700

Actions (login required)

View Item View Item