PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN MEMBACA PUISI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN 1 SEMPOR KALIGONDANG PURBALINGGA

SETIANINGSIH, 1323310065 (2018) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN MEMBACA PUISI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN 1 SEMPOR KALIGONDANG PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (275kB) | Preview
[img] Text
SETIANINGSIH_PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN MEMBACA PUISI PADA MAT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (857kB)

Abstract

Penerapan metode demonstrasi sangat penting dilakukan dalam pembelajaran puisi mata pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Peran metode demonstrasi adalah untuk memberikan pengalaman belajar melalui perbuatan melihat dan mendengarkan diikuti dengan meniru pekerjaan yang di demonstrasikan. Dengan menggunakan metode demonstrasi pada pembelajaran puisi siswa dapat dengan mudah untuk meniru dan memahami teknik dalam membaca puisi yang benar dan dapat memgaplikasikan dalam pembelajaran puisi di sekolah dengan mudah. Fokus dalam penelitian ini meliputi empat macam yaitu, untuk memperoleh informasi penggunaan metode demonstrasi pada keterampilan membaca puisi, mengetahui proses yang dilakukan guru saat pembelajaran berlangsung, mengetahui teknik pembelajaran puisi menggunakan metode demonstrasi dan kendala yang dialami dalam pembelajaran puisi di sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Proses pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan¸ analisis data. Partisipan penelitian ini adalah kepala sekolah, guru mata pelajaran Bahasa Indonesia, dan siswa di lokasi penelitian. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Sempor Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga.Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April Tahun 2017. Aktivitas yang dilakukan untuk menganalisis data yaitu terdiri dari proses reduksi data, display data dan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian penerapan metode demonstrasi dalam membaca puisi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia diperoleh data bahwa penggunaan metode demonstrasi dalam pembelajaran puisi sangat baik digunakan. Dalam metode demonstrasi siswa diminta untuk memperhatikan dan memahami puisi yang dibacakan oleh guru menggunakan teknik membaca puisi yang baik dan benar. Siswa juga diminta untuk bisa membacakan puisi dengan menggunakan teknik yang telah diajarkan oleh guru. Harapannya siswa bisa membuat puisi sesuai dengan hasil kreatifitas siswa dan menarik untuk dibaca dan dipelajari. Kata kunci : Metode Demonstrasi, Membaca Puisi, Bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Demonstrasi, Membaca Puisi, Bahasa Indonesia
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 22 Mar 2018 01:53
Last Modified: 22 Mar 2018 01:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3680

Actions (login required)

View Item View Item